Kekerasan dalam rumah tangga terhadap pria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kekerasan dalam rumah tangga terhadap pria berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga yang dialami oleh pria atau anak laki-laki dalam hubungan intim seperti pernikahan, hidup bersama, kencan, atau dalam keluarga. Seperti kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan, kekerasan terhadap pria mungkin merupakan kejahatan, namun hukum bervariasi di antara wilayah hukum. Norma sosial budaya mengenai perlakuan pria dengan wanita, dan wanita oleh pria, berbeda tergantung pada wilayah geografis, dan perilaku kasar secara fisik oleh salah satu pasangan terhadap yang lain dianggap berbeda sebagai kejahatan serius untuk masalah yang lebih pribadi.

Sedangkan perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga secara terbuka didorong untuk melaporkannya kepada pihak berwenang, telah berpendapat bahwa pria yang mengalami kekerasan seperti sering menghadapi tekanan terhadap pelaporan, dengan pria yang menghadapi stigma sosial tentang kurangnya dirasakan mereka kejantanan dan fitnah lainnya tentang maskulinitas mereka.[1]:6[2] Selain itu, kekerasan pasangan intim (KPI) terhadap laki-laki umumnya kurang dikenal oleh masyarakat dibandingkan KPI terhadap perempuan, yang dapat bertindak sebagai halangan lebih lanjut untuk pria melaporkan situasi mereka.[3][1]:1

Prevalensi dan frekuensi KPI terhadap pria sangat diperdebatkan, dengan studi yang berbeda datang ke kesimpulan yang berbeda untuk negara yang berbeda, dan banyak negara tidak memiliki data sama sekali. Beberapa peneliti percaya bahwa jumlah sebenarnya korban pria cenderung lebih besar dari statistik yang dinyatakan oleh penegakan hukum, karena tingginya jumlah pria yang tidak melaporkan kekerasan terhadap mereka.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lupri, Eugene; Grandin, Elaine (2004). "Intimate partner abuse against men" (PDF). National Clearinghouse on Family Violence. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal January 4, 2009. Diakses tanggal June 21, 2014. 
  2. ^ Migliaccio, Todd A. (Winter 2001). "Marginalizing the Battered Male". The Journal of Men's Studies. 9 (2): 1–18. doi:10.3149/jms.0902.205. Diakses tanggal June 20, 2014.  (perlu berlangganan)
  3. ^ Das Dasgupta, Shamita (November 2002). "A Framework for Understanding Women's Use of Nonlethal Violence in Intimate Heterosexual Relationships". Violence Against Women. 8 (11): 1364–1389. doi:10.1177/107780102237408. Diakses tanggal July 2, 2014.  (perlu berlangganan)
  4. ^ Watson, Dorothy; Parsons, Sara (2005). Domestic Abuse of Women and Men in Ireland: Report on the National Study of Domestic Abuse (PDF). Dublin: National Crime Council of Ireland. hlm. 169. Diakses tanggal June 28, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]