Kekerabatan Tionghoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kekerabatan Tionghoa
Hanzi: 宗族
nama alternatif
Hanzi: 家族

Kekerabatan, garis keturunan atau terkadang disebut sebagai klan Tionghoa, adalah sebuah kelompok patrilineal dan patrilokal dari orang-orang Tionghoa yang dikaitkan dengan sebuah marga umum yang berbagi leluhur umum dan, dalam beberapa kasus, rumah leluhur.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Kekerabatan Tionghoa sangat kuat di selatan China, yang diwujudkan oleh ikatan dari sebuah desa kuno, properti umum, dan sering kali dialek Tionghoa yang tidak sama dengan orang-orang dari luar desa tersebut. Struktur kekerabatan tersebut kurang terjadi di utara China, dimana anggota-anggota klan biasanya tidak tinggal di desa yang sama maupun berbagi properti.

Zupu—Buku silsilah[sunting | sunting sumber]

Zupu (Hanzi sederhana: 族谱; Hanzi tradisional: 族譜; Pinyin: zúpǔ) adalah sebuah daftar kekerabatan Tionghoa atau buku silsilah, yang berisi kisah-kisah dari asal mula kekerabatan, garis keturunan laki-laki dan gambar-gambar anggota, Daftar tersebut biasanya diperbaharui secara berturut-turut oleh orang tertua dalam keluarga tersebut, yang menangani tanggung jawab ini untuk generasi berikutnya. "Memperbaharui" isi dari salah satu zupu (Hanzi sederhana: 修族谱; Hanzi tradisional: 修族譜; Pinyin: xiū zúpǔ adalah salah satu tugas paling penting dalam tradisi Tionghoa, dan dapat berlangsung selama ribuan tahun. Kebanyakan zupu masih berada dalam simpanan pribadi, meskipun sejumlah besar dapat ditemukan di Universitas Beijing, Perpustakaan Shanghai, Universitas Cornell dan Toyo Bunko.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]