Kekep babi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kekep Babi)
Kekep Babi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. leucorynchus
Nama binomial
Artamus leucorynchus
Linnaeus, 1771

Kekep babi (bahasa Latin: Artamus leucorynchus) adalah spesies burung dari keluarga Artamidae, dari genus Artamus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, kumbang, leba dan memiliki habitat di pesisir, sawah, kebun, tegalan, hutan sekunder. tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Kekep babi memiliki tubuh berukuran sedang. Panjang tubuhnya mencapai 18 cm. Bentuk tubuh kekep babi mirip dengan burung layang-layang. Warna tubuhnya campuran antara abu-abu dan putih.[1] Paruh abu-abu kebiruan besar. Kepala, dagu, punggung, sayap dan ekor abu-abu gosong. Tunggir dan Tubuh bagian bawah putih bersih. Perbedaan dengan Layang-layang: saat terbang sayap segitiga lebar, ekor persegi. Iris coklat, paruh abu-abu kebiruan, kaki abu-abu. Bertengger di pohon kering, kabel, tiang. Terbang melingkar untuk berburu serangga. Terbang seperti Layang-layang, melayang tanpa mengepakkan sayap. Duduk berdekatan, menelisik dan menggoyangkan ekor. Sarang dari ranting, akar, rumput, pada sudut cabang pohon gundul. Tercatat bersarang pada menara besi yang tinggi. Telur berwarna krem, berbintik abu-abu dan coklat, jumlah 2-3 butir. Berbiak pada bulan April-Agustus.[butuh rujukan]

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Filipina, Australia, Indonesia, Sunda Besar.
  • Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Budiman, M. Asyief Khasan (2017). Burung-Burung di Kawasan Konservasi Pulai Gading JOB Pertamina - Talisman Jambi Merang Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Jakarta Selatan: PT Indocarbon Nusantara. hlm. 91. ISBN 978-602-50308-0-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]