Kekaisaran Athena Kedua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Kekaisaran Athena Kedua atau Konfederasi merupakan suatu konfederasi maritim dari berbagai negara-kota Aegea antara tahun 378–355 SM dan dipimpin oleh Athena, khususnya untuk pertahanan diri terhadap perkembangan Sparta dan yang kedua, terhadap Kekaisaran Persia.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Pembentukan konfederasi ini dipicu oleh invasi Attika oleh Sphrodrias dari Sparta dan penolakan Sparta untuk mengadilinya atas perbuatan-perbuatannya (menurut Xenophon dan Diodoros Sikolos). Konfederasi ini pada awalnya sangat populer, sejumlah negara yang sebelumnya dikuasai oleh Sparta mendaftar sebagai anggota karena peningkatan imperialisme Sparta melalui Dekret Aristoteles. Sebuah "prospektus" tertulis atas liga ini ditemukan di Athena (Prasasti Grecques 2, 43, juga dikenal sebagai dekret Aristoteles) bertarikh 377 SM, yang mana merinci tujuan-tujuan dari liga baru ini. Niatnya adalah memastikan bahwa Sparta akan mengizinkan kemandirian semua bangsa Yunani; semua negara yang terlibat harus memiliki otonomi dan Athena tidak diizinkan memiliki tanah salah satu negara anggota, atau menempatkan suatu garnisun ataupun cleruchy (semacam koloni) di negara-negara tersebut; setiap anggota juga dapat memilih konstitusinya masing-masing, kendati tidak harus berbentuk demokrasi. 'Prospektus' ini tampaknya berupaya untuk menjanjikan bahwa liga tersebut tidak akan berbalik ke hal yang sama seperti sebelumnya, seperti Liga Delos pada abad ke-5 SM yang mana tidak populer di banyak kalangan karena perilaku Athena yang terkadang aneh atau menyulitkan, khususnya terhadap negara-negara yang telah memberontak atau menunjukkan tanda-tanda ingin memberontak.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Cargill, Jack. The Second Athenian League: Empire or Free Alliance? Berkeley: University of California Press, 1981. ISBN 0-520-04069-4
  • Rhodes, P. J. A History of the Classical Greek World, 478-323BC. Blackwell Publishing, 2005.