Keju keras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keju keras (keju granular)
Negara asalTidak ada yang khusus
Kawasan, kotaTidak ada yang khusus
Sumber susuSapi
DipasteurisasiBisa dilakukan
TeksturBiasanya keras, berisi butiran-butiran kecil di dalamnya
Waktu pematanganMinimum: 2 bulan
Normal: 12 bulan
SertifikasiN/A

Keju keras disebut juga keju granular atau keju dadih yang diaduk, adalah jenis keju yang diproduksi dengan cara diaduk berulang-ulang dan mengeringkan campuran dadih dan whey. Keju jenis ini dapat merujuk ke berbagai macam keju, termasuk keju grana seperti Parmigiano-Reggiano (seperti gambar di kanan) dan berbagai jenis lainnya. Banyak jenis yang biasa digunakan dalam produksi keju olahan, terutama keju Amerika, yang menurut undang-undang harus terdiri dari keju Cheddar, keju Colby, keju dadih, atau keju granular.[1]

Rasa[sunting | sunting sumber]

Rasa keju granular ini "gemuk" dan "tajam". Meskipun keju granular yang tidak dipasteurisasi siap dimakan setelah 60 hari diawetkan, keju ini memiliki rasa yang sangat ringan kecuali jika dimatangkan lebih lama guna meningkatkan ketajamannya. Keju ini paling matang dan tajam setelah 12 bulan, biasanya dijual setelah itu.[2] Keju granular dapat mengandung gumpalan keju yang mengkristal kecil-kecil, semi-padat hingga bintik-bintik seperti kristal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "United States Standards for Grades of Bulk American Cheese" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-02-03. Diakses tanggal 2020-01-02. 
  2. ^ "Frog City Cheese - Vermont Cheese Council". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-03. Diakses tanggal 2007-10-31.