Kegagalan pernapasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kegagalan pernapasan
Respiratory system complete en.svg
Sistem pernapasan
SpesialisasiPulmonologi, Perawatan intensif

Kegagalan pernapasan hasil dari pertukaran gas yang tidak memadai oleh sistem pernapasan, yang berarti bahwa oksigen arteri, karbon dioksida atau keduanya tidak dapat disimpan pada tingkat normal. Penurunan oksigen yang dibawa dalam darah dikenal sebagai hipoksemia; peningkatan kadar karbon dioksida arteri disebut hiperkapnia. Kegagalan pernapasan diklasifikasikan sebagai Tipe 1 atau Tipe 2, berdasarkan apakah ada tingkat karbon dioksida yang tinggi, dan dapat bersifat akut atau kronis.

Definisi kegagalan pernapasan dalam uji klinis biasanya mencakup peningkatan laju pernapasan, gas darah abnormal (hipoksemia, hiperkapnia, atau keduanya), dan bukti peningkatan kerja pernapasan. Kegagalan pernapasan menyebabkan perubahan status mental karena iskemia di otak.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tulaimat, A; Patel, A; Wisniewski, M; Gueret, R (Agustus 2016). "The validity and reliability of the clinical assessment of increased work of breathing in acutely ill patients". Journal of Critical Care. 34: 111–5. doi:10.1016/j.jcrc.2016.04.013. PMID 27288621. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi
Sumber luar