Kedutaan Besar Jepang untuk Amerika Serikat (1860)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kedutaan Besar di galangan kapal Washington D.C.: Wakil Duta Besar Muragaki Norimasa (ketiga dari kiri), Duta Besar Shinmi Masaoki (tenagh), dan Oguri Tadamasa (kedua dari kiri)
Pelaut Kanrin Maru, pendamping rombongan; dari kanan: Fukuzawa Yukichi, Okada Seizō, Hida Hamagorō, Konagai Gohachirō, Hamaguchi Yoemon, Nezu Kinjirō.

Kedutaan Besar Jepang untuk Amerika Serikat (万延元年遣米使節, Man'en gannen kenbei shisetsu, lit. Tahun pertama misi era Man'en untuk Amerika) didirikan tahun 1860 oleh keshogunan Tokugawa (bakufu). Tujuannya adalah meratifikasi Perjanjian Persahabatan, Perdagangan, dan Pelayaran sekaligus menjadi misi diplomatik pertama Jepang untuk Amerika Serikat sejak Jepang dibuka ke dunia luar oleh Komodor Matthew Perry tahun 1854.

Aspek penting lainnya dari misi ini adalah pengutusan kapal perang Jepang oleh bakufu, Kanrin Maru, untuk mengantar rombongan kedutaan melintasi Pasifik. Jepang juga ingin mendemonstrasikan bahwa mereka telah menguasai teknik pelayaran dan teknologi kapal Barat enam tahun setelah mengakhiri kebijakan isolasi yang telah berlangsung selama 250 tahun.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Latihan angkatan laut pertama di Jepang dimulai di Pusat Pelatihan Angkatan Laut Nagasaki tahun 1855.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensiy[sunting | sunting sumber]

  • Shin Jinbutsu Ōrai-sha, eds.: Bakumatsu—Meiji Furushashin Chō Aizōhan (幕末・明治古写真帖 愛蔵版; Album of Bakumatsu- and Meiji-Period Photos, Enthusiasts’ Edition). Tokyo, 2003. ISBN 4-404-03112-2 (Jepang)
  • Shin Jinbutsu Ōrai-sha, eds.: Sekai wo Mita Bakumatsu-Ishin no Eiyūtachi (世界を見た幕末維新の英雄たち; Heros of Bakumatsu- and Meiji Restoration-Period who saw the world). Tokyo, 2007. ISBN 978-4-404-03364-2 (Jepang)

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]