Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kuala Lumpur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kuala Lumpur (Inggris: Embassy of the United States, Kuala Lumpur ; Melayu: Kedutaan Amerika Syarikat di Malaysia) adalah misi diplomatik yang didirikan oleh Amerika Serikat di Malaysia dan berlokasi di Jalan Tun Razak No. 376, Kuala Lumpur.

Pada abad ke-19, Amerika Serikat telah mendirikan kedutaan besar di Malaysia untuk menangani urusan konsuler atau komersial.[1] Hubungan formal konsuler antara Malaysia dan Amerika Serikat dimulai pada tahun 1918 dengan pengiriman Konsulat Amerika Serikat di Penang. Tahun 1948 di didirikanlah konsulat di Kuala Lumpur. Pada tahun 1957, Amerika Serikat secara resmi mengakui Federasi Malaya, dan kemudian menaikkan status Konsulat Jenderal di Kuala Lumpur menjadi kedutaan besar Malaya. Konsul Jenderal terakhir Thomas Wright (Thomas K. Wright) memegang kuasa usaha ad interim untuk memimpin urusan kedutaan. Setelah direstrukturisasi menjadi Federasi Malaysia pada tahun 1963, kedutaan besar Amerika Serikat di Malaya diubah menjadi kedutaan besar Amerika Serikat di Malaysia, sehingga duta besar ditempatkan secara tetap di Kuala Lumpur.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Policy & History. U.S. Embassy in Malaysia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-23. Diakses tanggal 2020-02-04. 
  2. ^ A Guide to the United States’ History of Recognition, Diplomatic, and Consular Relations, by Country, since 1776: Malaysia. Office of the Historian, U.S. Department of State. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-05. Diakses tanggal 2020-02-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]