Kedungmutih, Wedung, Demak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kedungmutih, Wedung, Demak
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenDemak
KecamatanWedung
Kodepos
59554
Kode Kemendagri33.21.13.2019 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kedungmutih adalah desa di kecamatan Wedung, Demak, Jawa Tengah, Indonesia.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Kedungmutih terletak di kecamatan Wedung. di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kedungmalang Jepara, sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Kedungkarang, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Babalan, serta di sebelah barat berbatasan dengan laut Jawa Desa Kedungmutih merupakan desa di perbatasan Demak dan Jepara Mata Pencaharian warganya dari sektor perikanan baik laut maupun tambak. Mereka yang melaut adalah para nelayan . Nelayan di desa Kedungmutih jumlahnya lebih seratus orang yang tergabung dalam kelompok nelayan. Selain itu ada juga petambak garam dan ikan jumlahnya lebih banyak lagi. Sehingga desa Kedungmutih merupakan desa penghasil garam terbesar di kabupaten Demak. Di desa ini juga ada pangkalan atau pasar garam yang setiap harinya terjadi transaksi garam dari para petani yang kemudian dipasarkan keluar Daerah

Dari segi pendidikan di desa Kedungmutih ada 3 sekolah tingkat dasar yaitu SD Kedungmutih, MI Ribhul Ulum dan SDIT Ribhul Ulum.Sedangkan pendidikan menengah pertama yaitu MTs Ribhul Ulum. Sedangkan pendidikan menengah atas yaitu MA Ribhul Ulum. Di desa Kedungmutih ada dua Koperasi yaitu Koperasi Simpan Pinjam Margi Rahayu dan Koperasi Garam.

Selain hasil perikanan yaitu berbagai macam jenis ikan, udang, kerang,tiram dan Kepiting garam juga menjadi produk andalan warga desa Kedungmutih. Garam di produksi oleh petambak garam ketima musim kemarau tiba. Setia tahunnya produksi garam dari desa Kedungmutih inin mencapai puluhan ribu ton . Garam ini selain di jula berujud garam curah, ada yang dikemas menjadi garam konsumsi beriodium. Garam daru desa Kedungmutih ini berkelana sampai ke seluruh Indonesia .

Olahraga[sunting | sunting sumber]

PERSMUT (Persatuan Sepak bola Kedungmutih) adalah klub sepak bola dari Desa Kedungmutih, Persmut telah mengikuti berbagai kompetisi, seperti Welahan Cup dan lain-lain.