Kecerdasan umum buatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kecerdasan umum buatan (bahasa Inggris: Artificial general intelligence) (AGI) ialah kecerdasan sebuah mesin dapat berhasil melakukan tugas intelektual apa pun yang dapat dikerjakan oleh manusia. Merupakan tujuan utama dari beberapa penelitian kecerdasan buatan (AI) dan topik yang umum dalam fiksi ilmiah dan futurologi. Kecerdasan umum buatan pula mengacu kepada "strong AI",[1] "full AI"[2] atau kemampuan dari sebuah mesin untuk melakukan "aksi cerdas yang umum".

Penelitian kecerdasan umum buatan[sunting | sunting sumber]

Kecerdasan umum buatan[3] menggambarkan penelitian dengan tujuan menciptakan mesin yang mampu melakukan tindakan cerdas secara umum. Istilah ini diperkenalkan oleh Mark Gubrud pada tahun 1997[4] dalam sebuah diskusi implikasi otomatisasi pada produksi dan operasi militer. Sasaran penelitian ini jauh lebih tua, sebagai contoh proyek Doug Lenat Cyc (yang bermula pada tahun 1984) dan proyek Allen Newell Soar dianggap dalam lingkup AGI. Hingga kini, sebagian besar peneliti AI mengabdikan sedikit perhatian pada AGI, dengan beberapa menuntut bahwa kecerdasan ialah terlalu rumit untuk ditiru secara sempurna dalam waktu dekat. Namun, sejumlah ilmuwan komputer lain aktif dalam penelitian AGI dan banyak dari kelompok ini melakukan kontribusi kepada serangkaian konferensi AGI.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Kurzweil 2005, hlm. 260) atau lihat Advanced Human Intelligence yang mana menetapkan strong AI sebagai "machine intelligence with the full range of human intelligence."
  2. ^ "The Age of Artificial Intelligence: George John at TEDxLondonBusinessSchool". 2013. 
  3. ^ Goertzel & Pennachin 2006.
  4. ^ Gubrud 1997

Referensi[sunting | sunting sumber]