Kebun Teh Nglinggo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Wisata Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Sebenarnya kebun teh ini merupakan tempat mata pencaharian penduduk di sekitar Pagerhajo. Kemudian warga mempunyai ide untuk menjadikannya sebagai tempat wisata. Dengan pesona alamnya Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo terletak di wilayah Perbukitan Menoreh. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Wisata ini menawarkan objek wisata berupa hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl [1]. Di sana pengunjung dapat melihat para pemetik daun teh dan dapat pula ikut memanen daun teh. Jika kurang puas pengunjung juga dapat naik hingga Puncak Kendeng Gunung Kukusan, dan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memikat mata juga udara sejuk pegunungan yang masih alami [2]. Dari puncak tersebut pengunjung akan disajikan dengan pemandangan delapan gunung besar yang ada di Jogja dan Jawa Tengah [3]. Pengunjung juga bisa menjelajahi Kebun Teh Nglinggo dengan jeep ataupun motor trail. Meskipun buka dari pukul 06.00-18.00 WIB, tetapi Kebun Teh Nglinggo dapat dijadikan objek wisata untuk berburu sunrise. Karena pengunjung dapat bermalam di home stay sekitar [4]. Untuk harga tiket masuk objek wisata Kebun Teh Nglinggo sebesar Rp 5000 per orang.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Beberapa fasilitas yang sudah disediakan, yaitu warung makan, kedai teh dan kopi, mushola, toilet, area parkir, jalur off road jeep maupun motor trail, dan home stay.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3]

  1. ^ https://nyero.id/kebun-teh-nglinggo/
  2. ^ https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/kebun-teh-nglinggo/
  3. ^ https://garasijogja.com/kebun-teh-nglinggo-kulonprogo/