Kebudayaan Daxi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Daxi culture
Peta yang menunjukkan besarnya Kebudayaan Daxi
Jangkauan
geografis
Yangtze tengah
PeriodeNeolitikum
Tanggalskt. 5000 – skt. 3300 SM
Diikuti olehKebudayaan Qujialing
Kebudayaan Daxi
Hanzi: 大溪文化

Kebudayaan Daxi (5000-3300 SM) merupakan sebuah kebudayaan Neolitikum yang berpusat di wilayah Tiga Ngarai di sekitar tengah Yangtze, Tiongkok. Kebudayaan tersebut berkisar dari Hubei barat hingga Sichuan timur dan Delta Sungai Mutiara. Situs di Daxi, terletak di Ngarai Qutang di sekitar Wushan, Chongqing, ditemukan oleh Nels C. Nelson pada tahun 1920-an. Banyak situs arkeologi kunci dari kebudayaan Daxi, termasuk situs di Daxi, akan dibanjiri atau dihancurkan setelah selesainya Bendungan Tiga Ngarai.

Situs Daxi ditandai oleh kehadiran dou (botol silindris), panci putih (piring), dan tembikar merah. Orang Daxi menanam padi secara ekstensif. Situs Daxi adalah beberapa yang paling awal di Tiongkok untuk menunjukkan bukti parit dan permukiman berdinding.

Kebudayaan Daxi menunjukkan bukti interaksi budaya dengan wilayah Delta Sungai Yangtze. Artefak pan putih dari kebudayaan ditemukan di beberapa situs Delta Sungai Yangtze, termasuk situs jenis kebudayaan Majiabang. Sebaliknya, artefak batu giok di situs Daxi menunjukkan pengaruh yang mungkin dari wilayah Delta Sungai Yangtze. Kebudayaan Daxi diikuti oleh Kebudayaan Qujialing.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Allan, Sarah (ed), Pembentukan Peradaban Cina: Sebuah Perspektif Arkeologi, ISBN 0-300-09382-90-300-09382-9
  • Chang, Kwang-chih. Arkeologi Kuno Cina, ISBN 0-300-03784-80-300-03784-8