Kebonharjo, Polanharjo, Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kebonharjo
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKlaten
KecamatanPolanharjo
Kodepos57474
Luas63,4995 ha
Jumlah penduduk1820
Kepadatan-

Kebonharjo adalah desa di kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa ini merupakan bagian dari kampung yang besar bernama Kuwel yang terdiri dari 3 kelurahan, yaitu Keprabon dan Wangen.

Terhampar di kaki gunung Merapi dengan kondisi topografi sedikit miring dari arah barat ke timur. Hampir setengah area desa ini berupa Sawah dan sedikit ladang, setengahnya berupa area pemukiman terdiri dari beberapa dukuh: Sembungan, Lor pasar, Patran, Sawahan, Langenharjo dan Morisan.

Desa ini terkenal sejak dulu sebagai sentra kerajinan tanduk kerbau dan sapi, produk akirnya menjadi sisir, hiasan kepala, kipas, tangkai wayang kulit dan pernik-pernik hiasan.

Seiring dengan kemajuan teknologi barang kerajinan tersebut semakin kurang diminati pasar, hingga beberapa pengrajin mengalihkan usahanya dibidang pembutan tas, dompet batik, kipas souvenir, dan aneka kerajinan lain yang terbuat dari bambu.

Dulu ada nama dukuh Belik yang dalam arti Bahasa Indonesia adalah sumber air, karena memang daerah itu terlewati aliran sungai belik. Ada juga nama dukuh Jembangan, karena disitu banyak Blumbang ( kolam air kecil ).