Kebijakan Domestik Putin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

kebijakan domestik Vladimir Putin menyangkut kebijakan Rusia internal Vladimir Putin selama menjabat sebagai Presiden Rusia , serta efek dari Putinisme dan program legislasi Putin. Ia sebelumnya menjabat sebagai presiden dari tahun 2000 hingga 2008, dan menjabat sejak tahun 2012.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Kebijakan domestik Putin, terutama di awal masa kepresidenannya yang pertama, ditujukan untuk menciptakan "kekuasaan vertikal" yang ketat. Pada 13 Mei 2000, ia mengeluarkan dekrit yang membagi 89 subyek federal Rusia antara 7 distrik federal yang diawasi oleh perwakilannya sendiri untuk memfasilitasi administrasi federal. Putin juga menerapkan kebijakan perluasan subjek federal: jumlah mereka berkurang dari 89 pada tahun 2000 menjadi 83 saat ini setelah okrug otonom Rusia digabungkan dengan subjek induknya.

Menurut Stephen White, Rusia di bawah kepresidenan Putin memperjelas bahwa mereka tidak berniat membangun "edisi kedua" dari sistem politik Amerika atau Inggris, melainkan sebuah sistem yang lebih dekat dengan tradisi dan keadaan Rusia sendiri. Pemerintahan Putin sering digambarkan sebagai " demokrasi berdaulat ". Pertama kali diusulkan oleh Vladislav Surkov pada Februari 2006, istilah tersebut dengan cepat memperoleh perhatian di Rusia dan bisa dibilang menyatukan berbagai elit politik di sekitarnya. Menurut para pendukungnya, tindakan dan kebijakan pemerintah di atas segalanya harus mendapat dukungan rakyat di dalam Rusia sendiri dan tidak ditentukan dari luar negeri.

Pada Juli 2000, menurut undang-undang yang diusulkan olehnya dan disetujui oleh Majelis Federal Rusia , Putin memperoleh hak untuk memberhentikan kepala subjek federal. Pada tahun 2004, pemilihan gubernur secara langsung dengan suara terbanyak diakhiri. Hal ini dilihat oleh Putin sebagai langkah yang diperlukan untuk menghentikan kecenderungan separatis dan menyingkirkan para gubernur yang terkait dengan kejahatan terorganisir. Tindakan tersebut terbukti bersifat sementara: pada tahun 2012, seperti yang diusulkan oleh penerus Putin, Dmitry Medvedev, pemilihan langsung gubernur diperkenalkan kembali. Bersamaan dengan kembalinya gubernur terpilih, reformasi Medvedev juga menyederhanakan pendaftaran partai politik dan mengurangi jumlah tanda tangan yang diwajibkan oleh partai non-parlemen dan kandidat independen untuk berpartisipasi dalam pemilu, sehingga membatalkan atau melonggarkan lebih lanjut pembatasan yang diberlakukan oleh sebelumnya. Legislasi yang didukung Putin. Khususnya, undang-undang pemilu yang keras telah menjadi salah satu tindakan pemerintah yang dilakukan di bawah kepresidenan Putin yang telah dikritik oleh banyak media independen Rusia dan komentator Barat sebagai anti-demokrasi.

Selama masa jabatan pertamanya di kantor, Putin bergerak untuk mengekang ambisi politik beberapa oligarki era Yeltsin , yang mengakibatkan pengasingan atau pemenjaraan orang-orang seperti Boris Berezovsky , Vladimir Gusinsky , Mikhail Khodorkovsky ; oligarki lain segera bergabung dengan kubu Putin.

Putin memimpin pertarungan intensif dengan kejahatan terorganisir dan terorisme yang menghasilkan tingkat pembunuhan dua kali lebih rendah pada tahun 2011, serta pengurangan yang signifikan dalam jumlah tindakan teroris pada akhir tahun 2000-an (dekade).

Putin berhasil mengkodifikasikan hukum pertanahan dan hukum pajak dan mengumumkan kode-kode baru tentang hukum perburuhan, administrasi, pidana, komersial dan perdata. Di bawah kepresidenan Medvedev, pemerintah Putin menerapkan beberapa reformasi penting di bidang keamanan negara, reformasi polisi Rusia, dan reformasi militer Rusia .

Kebijakan ekonomi, industri, dan energi[sunting | sunting sumber]

Di bawah pemerintahan Putin pertama, perekonomian memperoleh keuntungan riil rata-rata 7% per tahun (2000: 10%, 2001: 5,1%, 2002: 4,7%, 2003: 7,3%, 2004: 7,2%, 2005: 6,4%, 2006: 8,2%, 2007: 8,5%), menjadikannya ekonomi terbesar ke-7 di dunia dalam hal daya beli . Produk Domestik Bruto (PDB) nominal Rusia meningkat 6 kali lipat, naik dari urutan ke-22 menjadi ke-10 terbesar di dunia. Pada tahun 2007, PDB Rusia melebihi SFSR Rusia pada tahun 1990, yang berarti telah mengatasi konsekuensi yang menghancurkan dari krisis keuangan 1998 dan resesi sebelumnya pada tahun 1990-an.

Selama masa jabatan pertama Putin selama delapan tahun menjabat, industri tumbuh sebesar 76%, investasi meningkat sebesar 125%, dan produksi pertanian serta konstruksi juga meningkat. Penghasilan riil lebih dari dua kali lipat dan gaji bulanan rata-rata meningkat tujuh kali lipat dari $ 80 menjadi $ 640. Dari tahun 2000 hingga 2006 volume kredit konsumen meningkat 45 kali lipat dan kelas menengah tumbuh dari 8 juta menjadi 55 juta. Jumlah orang yang hidup di bawah garis kemiskinan menurun dari 30% pada tahun 2000 menjadi 14% pada tahun 2008.

Pada tahun 2001, Putin, yang telah menganjurkan kebijakan ekonomi liberal, memberlakukan tarif pajak tetap sebesar 13%; tarif pajak perusahaan juga diturunkan dari 35 persen menjadi 24 persen; Bisnis kecil juga mendapatkan perlakuan yang lebih baik. Sistem lama dengan tarif pajak tinggi telah digantikan oleh sistem baru di mana perusahaan dapat memilih pajak 6 persen atas pendapatan kotor atau pajak 15 persen atas laba. Beban pajak secara keseluruhan lebih rendah di Rusia daripada di sebagian besar negara Eropa.

Konsep sentral dalam pemikiran ekonomi Putin adalah penciptaan apa yang disebut National champion , perusahaan yang terintegrasi secara vertikal di sektor-sektor strategis yang diharapkan tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga untuk "memajukan kepentingan bangsa". Contoh perusahaan tersebut termasuk Gazprom , Rosneft dan United Aircraft Corporation .

Sebelum era Putin, pada tahun 1998, lebih dari 60% perputaran industri di Rusia didasarkan pada barter dan berbagai pengganti moneter. Penggunaan alternatif uang seperti itu sekarang tidak lagi disukai, meningkatkan produktivitas ekonomi secara signifikan. Selain menaikkan upah dan konsumsi, pemerintah Putin juga mendapat pujian luas karena telah menghilangkan masalah ini.

Sebagian pendapatan minyak masuk ke dana stabilisasi yang didirikan pada tahun 2004. Dana tersebut mengakumulasi pendapatan minyak, yang memungkinkan Rusia untuk membayar kembali semua hutang Uni Soviet pada tahun 2005. Pada awal 2008, ia dipecah menjadi Dana Cadangan (dirancang untuk melindungi Rusia dari kemungkinan global guncangan keuangan) dan Dana Kesejahteraan Nasional, yang pendapatannya akan digunakan untuk reformasi pensiun.

Akan tetapi, inflasi tetap menjadi masalah, karena antara 1999–2007 hanya dua kali dipertahankan pada batas atas perkiraan, dan pada 2007 inflasi melebihi inflasi tahun 2006, melanjutkan tren kenaikan di awal tahun 2008. Ekonomi Rusia masih merupakan komoditas -drive meskipun pertumbuhannya. Pembayaran dari sektor bahan bakar dan energi dalam bentuk bea cukai dan pajak menyumbang hampir setengah dari pendapatan anggaran federal. Sebagian besar ekspor Rusia terdiri dari bahan mentah dan pupuk, meskipun ekspor secara keseluruhan hanya menyumbang 8,7% dari PDB pada tahun 2007, dibandingkan dengan 20% pada tahun 2000.

Pada Desember 2011, setelah 15 tahun negosiasi, Rusia akhirnya bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia . Aksesi ke WTO diharapkan akan diratifikasi oleh Parlemen Rusia pada musim semi 2012.

Untuk meningkatkan pangsa pasar kendaraan produksi lokal dan mendukung industri otomotif Rusia , pemerintah di bawah Putin menerapkan beberapa langkah proteksionis dan meluncurkan program untuk menarik produsen asing ke negara itu. Pada akhir 2005, pemerintah memberlakukan undang-undang untuk membuat kawasan ekonomi khusus (KEK) dengan tujuan mendorong investasi oleh perusahaan otomotif asing. Manfaat beroperasi di zona ekonomi khusus termasuk tunjangan pajak, penghapusan pajak aset dan tanah dan perlindungan terhadap perubahan rezim pajak. Beberapa wilayah juga memberikan dukungan ekstensif untuk investor besar (lebih dari $100 juta.) Ini termasuk Oblast Saint Petersburg / Leningrad , Oblast Kalugadan Oblast Kaliningrad . Di bawah Putin sebagai presiden dan Perdana Menteri, sebagian besar perusahaan otomotif terbesar di dunia membuka pabrik di Rusia, termasuk Ford Motor Company , Toyota , General Motors , Nissan , Hyundai Motor , Suzuki , Magna International , Scania dan MAN SE .

Pada tahun 2005, Putin memulai program konsolidasi industri untuk membawa perusahaan produsen pesawat terbang utama di bawah satu organisasi payung, United Aircraft Corporation (UAC). Tujuannya adalah mengoptimalkan lini produksi dan meminimalkan kerugian. Program ini dibagi menjadi tiga bagian: reorganisasi dan manajemen krisis (2007–2010), evolusi proyek yang ada (2010–2015) dan kemajuan lebih lanjut dalam struktur yang baru dibuat (2015–2025).

UAC, salah satu yang disebut juara nasional dan sebanding dengan EADS di Eropa , menikmati dukungan keuangan yang cukup besar dari pemerintah Rusia, dan menyuntikkan uang ke perusahaan yang telah diperolehnya untuk meningkatkan posisi keuangan mereka. Pengiriman pesawat sipil meningkat menjadi 6 pada tahun 2005, dan pada tahun 2009 industri mengirimkan 15 pesawat sipil, senilai 12,5 miliar rubel, sebagian besar untuk pelanggan domestik. Sejak itu Rusia telah berhasil menguji jet tempur generasi kelima , Sukhoi Su-57 , dan memulai produksi komersial pesawat regional Sukhoi Superjet 100, serta mulai mengembangkan sejumlah proyek besar lainnya.

Dalam cara yang sama, Putin menciptakan Serikat Shipbuilding Corporation pada tahun 2007, yang menyebabkan pemulihan [ rujukan? ] Dari galangan kapal di Rusia . Sejak 2006, banyak upaya dimasukkan ke dalam konsolidasi dan pengembangan Perusahaan Negara Energi Nuklir Rosatom , yang mengarah pada pembangunan baru pembangkit listrik tenaga nuklir di Rusia serta aktivitas besar Rosatom di luar negeri, membeli saham besar di perusahaan produksi uranium terkemuka dunia. dan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di banyak negara, termasuk Iran , Cina , Vietnam dan Belarusia .[ rujukan? ] Pada tahun 2007, Perusahaan Nanoteknologi Rusia didirikan, bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan industri teknologi tinggi di Rusia.

Dalam dekade setelah 2000 , energi di Rusia membantu mengubah negara, terutama energi minyak dan gas. Transformasi ini mempromosikan kesejahteraan Rusia dan pengaruh internasional, dan negara itu sering digambarkan di media sebagai negara adidaya energi . Putin mengawasi peningkatan pajak ekspor minyak dan gas yang membantu membiayai anggaran, sementara industri minyak Rusia , produksi, dan ekspor semuanya tumbuh secara signifikan.

Putin berusaha untuk meningkatkan pangsa Rusia di pasar energi Eropa dengan membangun jaringan pipa gas yang terendam melewati Ukraina dan Eropa Baru (negara-negara yang sering dilihat sebagai mitra transit yang tidak dapat diandalkan oleh Rusia, terutama setelah sengketa gas Rusia-Ukraina pada akhir tahun 2000-an ( dasawarsa)). Proyek pipa yang didukung oleh Putin termasuk Blue Stream dari Rusia ke Turki (dibangun di dasar Laut Hitam ), Nord Stream dari Rusia ke Jerman (pipa bawah laut terpanjang di dunia, dibangun melalui Laut Baltik ) dan yang direncanakan Aliran Selatan dari Rusia ke Balkan dan Italia (melalui Laut Hitam). Rusia juga merusak proyek pipa saingan Nabucco dengan membeli gas Turkmenistan dan mengalihkannya ke jaringan pipa Rusia.

Di sisi lain, Rusia mendiversifikasi pasar ekspornya dengan membangun jalur pipa minyak Trans-Siberia ke pasar Cina , Jepang , dan Korea , serta pipa gas SakhalinKhabarovskVladivostok di Timur Jauh Rusia . Rusia telah membangun kilang LNG di Sakhalin dan membangun satu lagi di Primorye , yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor gas ke luar negeri. Sementara itu, di Teluk Finlandia, Rusia telah membangun pelabuhan utama Ust-Luga yang terhubung dengan Baltic Pipeline System-II., yang memungkinkan ekspor minyak tanpa transit melalui pelabuhan negara-negara Baltik . Pangsa minyak olahan perlahan tumbuh dengan kilang minyak utama dibangun di Tatarstan dan wilayah lain di Rusia.

Putin juga memimpin melanjutkan pembangunan pembangkit listrik tenaga air besar, seperti Bendungan Bureya dan Bendungan Boguchany , serta pemulihan industri nuklir Rusia , dengan sekitar 1 triliun rubel ($ 42,7 miliar) dialokasikan dari anggaran federal untuk nuklir. pembangunan listrik dan industri sebelum 2015. Sejumlah besar pembangkit listrik tenaga nuklir dan unit saat ini sedang dibangun oleh perusahaan negara Rosatom di Rusia dan luar negeri.

Kebijakan Arktik[sunting | sunting sumber]

Putin telah berusaha untuk meningkatkan kehadiran militer dan ekonomi Rusia di Kutub Utara. Pada bulan Agustus 2007, sebuah ekspedisi Rusia bernama Arktika 2007 , dipimpin oleh Artur Chilingarov , memasang bendera Rusia di dasar laut di bawah Kutub Utara untuk menggarisbawahi pengajuan klaim Rusia tahun 2001 . Pada bulan Juni 2008, Jenderal Vladimir Shamanov mengumumkan bahwa Rusia akan meningkatkan radius operasional kapal selam Armada Utara . dan pada Juli 2011, Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov mengumumkan rencana untuk menempatkan dua brigade di Kutub Utara.

Sebuah program pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir terapung akan memberikan listrik ke kota-kota pesisir Arktik Rusia dan rig gas . Sebuah 21.500 ton tongkang dengan reaktor kembar 35-megawatt, yang Akademik Lomonosov , akan masuk ke dalam operasi pada tahun 2012. The Prirazlomnoye lapangan , ladang minyak lepas pantai di Laut Pechora yang akan mencakup hingga 40 sumur, saat ini sedang dibangun dan pengeboran diharapkan dimulai pada awal tahun 2012. Ini akan memiliki anjungan minyak tahan es pertama di dunia dan juga akan menjadi anjungan lepas pantai Arktik pertama.

Pada Agustus 2011 Rosneft , sebuah perusahaan minyak yang dioperasikan pemerintah Rusia, menandatangani kesepakatan dengan ExxonMobil untuk menerima aset minyak sebagai imbalan atas pengembangan bersama sumber daya Arktik Rusia oleh kedua perusahaan. Perjanjian tersebut mencakup eksplorasi hidrokarbon senilai $ 3,2 miliar di Laut Kara dan Laut Hitam, serta pengembangan bersama platform pengeboran tahan es dan teknologi Arktik lainnya. "Skala investasinya sangat besar. Sangat menakutkan untuk mengucapkan angka sebesar itu," kata Putin saat menandatangani kesepakatan.

Kebijakan lingkungan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, Presiden Putin menandatangani perjanjian Protokol Kyoto yang dirancang untuk mengurangi gas rumah kaca. Namun, Rusia tidak menghadapi pemotongan wajib karena Protokol Kyoto membatasi emisi hingga persentase kenaikan atau penurunan dari tingkat tahun 1990 dan emisi gas rumah kaca Rusia turun jauh di bawah garis dasar 1990 karena penurunan output ekonomi setelah pecahnya Uni Soviet.

Putin secara pribadi mengawasi dan / atau mempromosikan sejumlah program perlindungan untuk hewan langka dan terancam punah di Rusia:

Kebijakan Agama[sunting | sunting sumber]

Kristen Ortodoks, Islam, Buddha, Yudaisme, yang didefinisikan oleh hukum sebagai agama tradisional Rusia dan bagian dari "warisan sejarah" Rusia menikmati dukungan negara yang terbatas di era Putin. Pembangunan dan pemulihan gereja yang luas, dimulai pada 1990-an, dilanjutkan di bawah Putin, dan negara mengizinkan pengajaran agama di sekolah (orang tua diberikan pilihan bagi anak-anak mereka untuk mempelajari dasar-dasar salah satu agama tradisional atau etika sekuler ) . Pendekatannya terhadap kebijakan agama dicirikan sebagai salah satu dukungan untuk kebebasan beragama, tetapi juga upaya untuk menyatukan berbagai agama di bawah otoritas negara. Pada 2012, Putin dihormati di Betlehem dan sebuah jalan dinamai menurut namanya.

Putin secara teratur menghadiri kebaktian terpenting Gereja Ortodoks Rusia pada hari libur utama Kristen Ortodoks. Dia menjalin hubungan yang baik dengan Patriark Gereja Rusia, almarhum Alexy II dari Moskow dan Kirill Moskow saat ini . Sebagai Presiden, ia mengambil bagian pribadi yang aktif dalam mempromosikan Undang - Undang Persekutuan Kanonik dengan Patriarkat Moskow , yang ditandatangani pada 17 Mei 2007 yang memulihkan hubungan antara Gereja Ortodoks Rusia yang berbasis di Moskow dan Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia setelah perpecahan selama 80 tahun.

Putin dan Rusia Bersatu menikmati dukungan elektoral yang tinggi di republik nasional Rusia , khususnya di republik mayoritas Muslim Povolzhye dan Kaukasus Utara .

Di bawah Putin, FJCR Hasid menjadi semakin berpengaruh dalam komunitas Yahudi, sebagian karena pengaruh pengusaha pendukung Federasi yang dimediasi melalui aliansi mereka dengan Putin, terutama Lev Leviev dan Roman Abramovich . Menurut JTA , Putin populer di kalangan komunitas Yahudi Rusia , yang melihatnya sebagai kekuatan untuk stabilitas. Kepala rabi Rusia, Berel Lazar , mengatakan Putin "sangat memperhatikan kebutuhan komunitas kami dan berhubungan dengan kami dengan rasa hormat yang dalam."

Pembangunan militer[sunting | sunting sumber]

Dimulainya kembali penerbangan jarak jauh pembom strategis Rusia diikuti oleh pengumuman Menteri Pertahanan Rusia Anatoliy Serdyukov selama pertemuannya dengan Putin pada 5 Desember 2007, bahwa 11 kapal, termasuk kapal induk Kuznetsov , akan ambil bagian dalam angkatan laut besar pertama. serangan mendadak ke Mediterania sejak zaman Soviet. Serangan mendadak itu akan didukung oleh 47 pesawat, termasuk pengebom strategis.

Sementara dari awal 2000-an (dekade) Rusia mulai memompa lebih banyak uang ke dalam industri militer dan pertahanannya, baru pada tahun 2008 reformasi militer skala penuh Rusia dimulai, yang bertujuan untuk memodernisasi Angkatan Bersenjata Rusia dan membuatnya jauh lebih efektif. Reformasi sebagian besar dilakukan oleh Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov selama masa kepresidenan Medvedev, di bawah pengawasan Putin, sebagai Kepala Pemerintahan, dan Medvedev, sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia.

Unsur-unsur kunci reformasi termasuk mengurangi angkatan bersenjata menjadi satu juta kekuatan; mengurangi jumlah petugas; memusatkan pelatihan perwira dari 65 sekolah militer ke dalam 10 pusat pelatihan militer 'sistemik'; menciptakan korps NCO profesional ; mengurangi ukuran komando pusat; memperkenalkan lebih banyak logistik sipil dan staf tambahan; penghapusan formasi kekuatan kader; menata kembali cadangan; mengatur kembali tentara menjadi sistem brigade; reorganisasi angkatan udara menjadi sistem pangkalan udara bukan resimen.

Jumlah distrik militer Rusia dikurangi menjadi hanya 4. Jangka waktu wajib militer dikurangi dari dua tahun menjadi satu tahun, yang mengakhiri tradisi pelecehan lama di ketentaraan, karena semua wajib militer menjadi sangat dekat dengan usia wajib militer. Transisi bertahap ke mayoritas tentara profesional pada akhir 2010-an diumumkan, dan program besar untuk memasok Angkatan Bersenjata dengan peralatan dan kapal militer baru dimulai.

Terlepas dari seruan Putin untuk investasi besar dalam senjata nuklir strategis, ini akan jauh di bawah batas START Baru karena penghentian sistem yang menua.

Sumber[sunting | sunting sumber]

https://en.wikipedia.org/wiki/Domestic_policy_of_Vladimir_Putin