Kebanggaan kulit putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Protes para anggota Aryan Guard melawan pawai anti-rasisme di Calgary pada 21 Maret 2009. Salah satu dari mereka membawa bendera Salib Keltik "White Pride Worldwide" (Kebanggaan Kulit Putih Seluruh Dunia)[1]

Kebanggaan kulit putih (White pride) atau kekuatan kulit putih (white power), adalah sebuah ekspresi yang utamanya dipakai oleh organisasi-organisasi separatis kulit putih, nasionalis kulit putih, neo-Nazi dan supremasi kulit putih dalam rangka mengisyaratkan sudut pandang rasis dan rasialis.[2][3] Ekspresi tersebut juga merupakan sebuah slogan yang dipakai oleh kelompok pasca-Ku Klux Klan berpengaruh Stormfront dan sebuah istilah yang dipakai untuk membuat sudut pandang rasis/rasialis yang lebih selaras dengan masyarakat umum yang mengaitkan kasus-kasus pelecehan dalam sejarah dengan istilah-istilah "nasionalis putih putih", "neo-Nazi", dan "supremasi kulit putih".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staff (March 21, 2009). "Neo-Nazi group and anti-racism protesters clash in Calgary". The Star. Toronto. 
  2. ^ Van McVey, Sarah (2008). Race, Gender, and the Contemporary White Supremacy Movement: The Intersection of "isms" and Organized Racist Groups. ProQuest. 
  3. ^ Gabriel, John (4 January 2002). Whitewash: Racialized Politics and the Media. Routledge. hlm. 5–. ISBN 978-1-134-75016-0.