Kebaktian kebangunan rohani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) adalah Kegiatan ibadah yang diselenggarakan oleh Gereja. Ibadah ini diselenggarakan untuk memperbaharui kerohanian dan iman dari jemaat Gereja tersebut.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Secara umum, Kebaktian Kebangunan Rohani yang diselenggarakan oleh Gereja-gereja di Indonesia memiliki persamaan ciri-ciri umum sebagai berikut:

  • Ibadah ini biasanya diselenggarakan dengan kapasitas jumlah jemaat yang lebih besar dari ibadah biasa, dengan persiapan yang lebih kompleks.
  • Jemaat pada umumnya didorong untuk berpartisipasi mengajak keluarga, sanak saudara, maupun rekan-rekannya yang mungkin mengalami kemunduran rohani, atau belum hidup menuruti perintah dan ajaran Tuhan untuk turut diperbaharui dan disegarkan lagi dalam ibadah tersebut.
  • Khotbah yang dibagikan dalam ibadah tersebut biasanya bersifat sederhana dan mudah dimengerti, berupa dasar-dasar iman (bukan merupakan pengajaran agama yang mendalam).
  • KKR sebenarnya identik dengan ibadah-ibadah yang pernah dilakukan Kristus dahulu seperti khotbah di bukit, pelayanan di tempat-tempat umum sehingga orang-orang kebanyakan (umum) bisa datang berbondong-bondong untuk mendengar pengajaran firman Tuhan, didoakan dan mengalami mujizat kesembuhan Ilahi, diselamatkan dengan percaya dan menerima Tuhan Yesus secara pribadi.