Kebakaran Gunung Meja 2021

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kebakaran Gunung Meja 2021
Sejumlah truk pemadam kebakaran menanggapi Kebakaran Gunung Meja 2021
LokasiTaman Nasional Gunung Meja dan Southern Suburbs, Cape Town, Afrika Selatan
Statistik
Tanggal18 April 2021; 2 tahun lalu (2021-04-18)
08:45 SAST (06:45 UTC)
Lahan yang digunakanNational park, university, suburban area
Terluka2

Kebakaran Gunung Meja 2021 adalah kebakaran besar yang dimulai pada 18 April 2021 di dan sekitar area Taman Nasional Gunung Meja dan lingkungan Newlands, Rosebank, Mowbray dan Rondebosch di Cape Town , Afrika Selatan. Kerusakan situs di Table Mountain termasuk Rhodes Memorial, di mana sebuah kafe dibakar; kampus atas Universitas Cape Town (UCT), tempat perpustakaan Koleksi Khusus dimusnahkan; dan Mostert's Mill, kincir angin bersejarah yang terbakar.

Kebakaran[sunting | sunting sumber]

Kebakaran dimulai pada pagi hari tanggal 18 April di dekat Memorial Rhodes di Taman Nasional Gunung Meja. Petugas pemadam kebakaran disiagakan pada pukul 08:45 SAST (06:45 UTC). Diperkirakan sebagai kebakaran hutan, kemungkinan disebabkan oleh api yang menyala dan ditinggalkan tanpa pengawasan oleh gelandangan gunung yang tinggal. Api dengan cepat menyebar melalui pohon pinus tua dan puing-puing, dan menghasilkan anginnya sendiri, menyebar ke seluruh Taman Nasional Gunung Meja, dan turun menuju kampus universitas dan kota. Ada peringatan bahaya kebakaran ekstrim pada hari yang sama, dengan suhu tinggi dan kelembapan rendah.

Awalnya, asap yang dihasilkan dan arus angin yang disebabkan oleh api mencegah dukungan pemadam kebakaran udara untuk dikerahkan. Kemudian, lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran terlibat dalam memadamkan api dan empat helikopter digunakan untuk menjatuhkan air ke dalam api.

Pada 14:10 SAST, mahasiswa di Universitas Cape Town dievakuasi. Peringatan resmi dikeluarkan untuk para pendaki di kawasan Hutan Newlands di Taman Nasional Gunung Meja untuk juga mengungsi. Pada pukul 16:05 SAST, Taman Nasional Afrika Selatan (SANParks) mengumumkan bahwa restoran di Rhodes Memorial telah hancur dalam kebakaran tersebut. Jalan M3 juga ditutup, dengan api menjalar ke seberang jalan.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Api membakar sebuah restoran di Rhodes Memorial, dan mempengaruhi kampus atas Universitas Cape Town. Yang juga terpengaruh adalah departemen koleksi khusus sistem Perpustakaan UCT, bertempat di Perpustakaan Jagger, bagian dari sayap penelitian perpustakaan utama UCT. Meskipun sistem deteksi kebakaran mencegah api mencapai sisa perpustakaan utama, ruang baca Perpustakaan Jagger telah dimusnahkan oleh api, dan beberapa koleksi langka di departemen koleksi khusus, yang telah menampung lebih dari 1.300 koleksi dan lebih dari itu. 85.000 buku dan barang lainnya, kemungkinan besar telah hilang. Wakil rektor UCT Mamokgethi Phakeng menangguhkan semua kegiatan akademik selama dua hari berikutnya.

Api juga menghancurkan Mostert's Mill, kincir angin tertua di Afrika Selatan, yang dibangun pada tahun 1796, dan empat pondok jerami di belakangnya.

Dua petugas pemadam kebakaran dirawat di rumah sakit karena luka bakar. Ribuan mahasiswa dievakuasi dari kampus universitas. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan