Kazutoshi Sakurai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kazutoshi Sakurai
桜井 和寿
Misusaku.png
Kazutoshi Sakurai
Latar belakang
Genre J-Pop, J-Rock, rock
Pekerjaan pemusik, penyanyi, pencipta lagu, komponis, produser, Pengusaha
Tahun aktif 1992-sekarang
Label Toy's Factory
Artis terkait Mr.Children, Bank Band, Acid Test
Situs web Situs resmi Mr. Children

Kazutoshi Sakurai (桜井 和寿, nama asli 櫻井和寿, Sakurai Kazutoshi, lahir di Nerima, Tokyo, 8 Maret 1970; umur 48 tahun) adalah musisi Jepang yang dikenal sebagai vokalis dan gitaris grup Mr. Children. Ia juga seorang pencipta lagu sekaligus produser dan penulis. Hampir semua lagu-lagu Mr. Children adalah hasil karyanya.

Organisasi nirlaba untuk proyek lingkungan, AP Bank dibentuknya pada tahun 2003 bersama Takeshi Kobayashi Ryuichi Sakamoto. Bertiga mereka mengumpulkan modal awal hampir AS$1 juta yang keluar dari kantong sendiri.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Sekitar tahun 1982, Kazutoshi memetik gitar kakak perempuannya untuk memainkan lagu Momoe Yamaguchi, "Kinjirareta Asobi". Kemampuan bergitarnya ternyata hanya jadi bahan ejekan kakak perempuannya. Ia tidak terima, dan mulai berniat sungguh-sungguh belajar musik.[2]

Sesudah masuk Sekolah Menengah Atas, bulan Mei 1985, Kazutoshi mendirikan band Beatnik bersama Kenichi Tahara dan Keisuke Nakagawa. Lagu pertama, "Christmas Night" diselesaikan bulan Desember 1985. Lagu ini dibuat untuk dijadikan hadiah bagi pacar-pacar mereka bertiga.[3]

Hideya Suzuki bergabung mulai tahun 1988, dan sejak 1 Januari 1989, mereka menyebut diri sebagai Mr. Children.[4] Lagu "Hoshi ni Naretara Ii na" adalah lagu yang diciptakan Sakurai bersama Yohito Teraoka dari Jun Sky Walker(s), Mei 1991. Ia juga ikut serta dalam tur "Teraoka Yohito & His Friends: Kawaiiko ni wa Tabi o saseru Tour".

Album mini, Everything yang dirilis 10 Mei 1992 menjadi album perdana Mr. Children. Tahun berikutnya, Sakurai bersama Yōji Kubota dan Izumi Katō membawakan acara siaran langsung, Mutoma World Friday di TVK (2 April-31 Desember 1992).

Bulan Januari 1994, Sakurai menikah dengan mantan pegawai perusahaan rekaman Toy's Factory. Pernikahan mereka baru diumumkan beberapa bulan sesudahnya. Anak pertama mereka, seorang bayi perempuan lahir di bulan Oktober tahun yang sama.[5]

Sakurai ikut menulis lagu untuk singel ke-3 Fumiya Fujii, "Eros" yang dirilis 1 April 1994. Lagu tersebut menjadi satu-satunya lagu yang ditulisnya untuk musisi lain. Namun, kerja sama Sakurai dalam mencipta lagu bersama musisi lain tetap berjalan terus.

Sejak 10 April 1994 hingga 10 Desember 1995, Sakurai hadir sebagai personalitas radio di acara Music Gumbo Sunday yang disiarkan radio FM802. Gilirannya dua minggu sekali, setiap minggu malam bergantian dengan Kan. Selanjutnya, Sakurai membantu Yohito Teraoka dalam pengerjaan album ke-3, Golden Circle yang dirilis 1 Desember 1995. Lagu "12-gatsu no Merry Go Round" diciptakannya bersama Teraoka, sedangkan lirik "Kore ga Boku no Yukai na Human Life" ditulisnya sendiri.

Bulan April 1997, Sakurai membangun studio di lantai dasar rumah kediamannya. Tahun berikutnya, dengan nama samaran Masato Kinugasa, ia membantu vokal latar lagu "Oxanne - Itoshi no Oxanne" untuk album ke-11 Kan, Tigersongwriter.

Sakurai bercerai dengan istri pertamanya pada bulan Mei 2000. Bulan berikutnya, ia menikahi Mika Yoshino, mantan anggota Girigiri Girls yang dikenalnya sejak 1997. Istri keduanya melahirkan seorang bayi laki-laki di bulan April 2001.[5] Masih pada tahun 2001, Ryuichi Sakamoto mengajak Sakurai untuk bergabung dalam band N.M.L. (No More Landmine). Uang hasil penjualan lagu "Zero Landmine" semuanya disumbangkan untuk proyek pemusnahan ranjau darat.

Pada 9 Oktober 2001, Sakurai manggung dalam konser Dream Power John Lennon Super Live di Saitama Super Arena. Konser yang menjadi bagian dari proyek Yoko Ono yang bernama Dream Power. Tujuan konser untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan sekolah di Afrika dan Asia.[6]Unit Acid Test dibentuknya bersama Kenichi Tahara dan Takeshi Kobayashi khusus untuk konser ini. Dalam konser, mereka membawakan lagu "Mother".

Di penutupan tahun 1991, Sakurai turut serta menciptakan lagu "Bless You, Thank You" untuk singel ke-3 milik pemain kibor Sunny. Lagu "Mother" dari John Lennon yang dibawakan dalam konser Dream Power John Lennon Super Live direkam ulang di studio. Hasilnya dijual dalam bentuk lagu unduh di 7-Eleven dari 14 Desember 2001 hingga 31 Januari 2002.

Pada tahun 2002, Sakurai kembali membantu pengerjaan singel ke-4 Sunny, "Hajime no Ippo". Pada 21 Juli 2002, stroke memaksanya masuk rumah sakit.[7] Sakurai hampir setengah tahun dirawat di rumah sakit. Semua tur Mr. Children dibatalkan. Setelah sembuh, Sakurai tampil dalam konser semalam Mr. Children, Tour 2002 Dear Wonderful World It's A Wonderful World on Dec 21.

Pada bulan Juni 2003, ia bersama produser Takeshi Kobayashi dan Ryuichi Sakamoto mendirikan organisasi nirlaba ap bank. Tujuannya membantu berbagai proyek lingkungan seperti pembangkit listrik tenaga angin dan biogas dari sampah. Pada 17 November 2003, Sakurai tampil di panggung di urutan kedua setelah Yuzu dalam konser Yohito Teraoka 10th Anniversary Special "Golden Circle vol.05" di Aula Publik Shibuya.

Bulan Januari 2004, Bank Band didirikan sebagai sarana pengumpulan dana bagi ap bank. Uang hasil penjualan album dan tiket konser Bank Band adalah untuk keperluan ap bank. Tahun 2005, selain ditampilkan sebagai bintang tamu dalam konser Golden Circle vol.07, Sakurai membuat album tribut bagi John Lennon, Happy Birthday, John bersama Acid Test, 30 September 2005. Album juga berisi lagu "Mother" yang pernah dijual sebagai lagu unduh pada akhir tahun 2001.

Hasil kolaborasinya dengan penyanyi musik hip hop Gaku-MC, "Te o Dasuna!" dirilis 31 Mei 2006. Unit bernama Pilot to Stewardess dibentuknya bersama Kan untuk manggung dalam konser 2 malam, LuckyRaccoonNight vol. 1. Konser pertama di Zepp Tokyo, 18 November, dan konser kedua 25 November 2006 di Zepp Osaka. Di atas panggung, Sakurai memakai seragam penerbang, dan Kan memakai seragam pramugari.

Pada tahun 2007, Sakurai ikut sebagai vokal latar lagu "Kurumi" dari album Yoshihiro Kai, 10 Stories. Sakurai hadir sebagai bintang tamu kejutan pada konser Golden Circle vol.10, 8 April 2007 di Namba Hatch dan malam berikutnya di Zepp Tokyo. Artis lain yang pentas sepanggung adalah Yohito Teraoka, Yuzu, dan Yumi Matsutoya.

Tahun 2008, unit Pilot to Stewardess yang dibentuknya bersama Kan kembali manggung di Shibuya-AX (26 Mei) dan Zepp Osaka (28 Mei).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "TIME Magazine: Moguls & Entrepreneurs - Kazutoshi Sakurai and Takeshi Kobayashi". Diakses tanggal 8 January. 
  2. ^ "Personal history Sakurai Kazutoshi". Inlife. 
  3. ^ Live Tomato, Television Kanagawa, 25 Februari 1993
  4. ^ "Nihon no singer Top 30 dai-8-i: Mr Children no shinzō/Sakurai Kazutoshi (日本のシンガーTOP30 - 第8位 Mr Childrenの心臓・桜井和寿。)". hmv.co.jp. Diakses tanggal 21 August. 
  5. ^ a b "Sakurai Kazutoshi (桜井和寿【さくらい かずとし】)". Iza! Sankei Digital. Diakses tanggal 21 August. 
  6. ^ "Dream Power ジョン・レノン スーパー・ライヴ (Dream Power John Lennon Super live broadcasting)". Diakses tanggal 29 June. 
  7. ^ "Misuchiru Sakurai ga morashita jūbyō no honne (ミスチル桜井が漏らした重病のホンネ)". Diakses tanggal 16 June. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]