Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kauman
Peta lokasi Kelurahan Kauman
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KotaSurakarta
KecamatanPasar Kliwon
Kode Kemendagri33.72.03.1009
Kode BPS3372030006

Kelurahan Kauman (Jawa: ꦏꦻꦴꦩꦤ꧀, translit. Kauman) adalah sebuah kelurahan di kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Kelurahan ini memiliki kode pos 57112. Pada tahun 2020, kelurahan ini berpenduduk 2.646 jiwa.

Kelurahan ini dipenuhi beragam arsitektur rumah gedongan. Awalnya, Kampung Kauman yang berada di sisi barat depan Keraton Kasunanan ini diperuntukkan bagi tempat tinggal (kaum) ulama kerajaan dan kerabatnya. Letaknya berdampingan dengan Masjid Agung Keraton, di sisi barat alun-alun utara. Tapi pada perkembangannya Kauman mirip dengan kawasan Lawiyan.

Kampung Kauman terletak bersebelahan dengan Pasar Klewer. Kauman juga dikenal sebagai Kampung Wisata Batik dan merupakan sentra industri batik. Cikal bakal industri batik kota Solo diyakini berada di tempat ini[1].

Banyak tumbuh produsen dan pedagang batik yang sukses, dan mereka berlomba membangun rumah mewah di perkampungan yang padat itu. Akibatnya, Kauman menjadi penuh dengan berbagai rumah gedongan yang berdesakan, dan menyisakan gang yang sangat sempit bagi pejalan kaki.

Di kelurahan ini terdapat sekolah dasar bernama SD NDM dan SD Muhammadiyah 2 Kauman. Juga terdapat pondok pesantren putri NDM.

Kampung[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Kauman terdiri dari 2 kampung :

  • Kauman
  • Sememen

Referensi[sunting | sunting sumber]

^Aksi Seribu Anak Membatik. Suara Merdeka CyberNews, Minggu, 12 Februari 2006: 14.17 WIB Diarsipkan 2007-03-10 di Wayback Machine.