Katup aorta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katup aorta
Tampak depan katup aorta
Katup aorta
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa LatinValva aortae
MeSHD001021
TA98A12.1.04.012
TA23993
FMA7236
Daftar istilah anatomi

Katup aorta katup yang terdapat pada jantung manusia yang terletak antara ventrikel kiri dan aorta. Katup aorta merupakan satu dari empat katup jantung dan salah satu dari dua katup semilunar (yang satu lagi adalah katup pulmonal). Katup aorta normalnya memiliki tiga daun, meskipun pada 1-2% populasi ada yang memiliki hanya dua daun (kelainan ini disebut dengan katup aorta bikuspidalis).[1] Katup aorta merupakan struktur terakhir yang dilewati darah sebelum kembali ke dalam sirkulasi sistemik.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Katup aorta yang normal memiliki tiga daun yang disebut sebagai daun koronaria kiri, koronaria kanan, dan nonkoronaria.[2] Beberapa sumber menamai tiga daun ini sebagai daun kiri, kanan, dan belakang.[3][4] Para ahli anatomi menamai ketiga daun ini sebagai daun kiri belakang (berasal dari koronaria kiri), depan (berasal dari koronaria kanan), dan kanan belakang.[2]

Saat ketiga daun ini tertutup, akan membentuk sinus yang disebut sinus aorta atau sinus Valsalva. Kedalaman sinus-sinus ini dalam potongan melintang lebih lebar dibandingkan bidang aliran ventrikel kiri dan lebih lebar dari aorta asendens. Pertemuan sinus-sinus dengan aorta disebut sambungan sinotubular. Katup aorta berada di belakang katup pulmonal dan komisura tempat dua daun katup bagian anterior bertemu. Dua sinus inilah yang merupakan asal arteri koronaria.[5]

Valve arrangement showing aortic valve ("Ao") posterior to pulmonary valve ("PA")

Istilah semilunar merujuk kepada bentuk separuh bulan yang ditunjukkan oleh daun katup.[6]

Embriologi[sunting | sunting sumber]

Katup aorta berkembang dari bantalan endokardium pada minggu kelima perkembangan embrionik. Bentuk awal katup ini adalah berupa penonjolan dari bantalan endokardium. Katup ini kemudian mengalami pertambahan bentuk akibat adanya aliran ejeksi ventrikel. Sel endotel dan sel otot polos pembuluh darah akan membentuk dasar aorta dan katup aorta. Hal ini merupakan hasil kolaborasi embrionik antara mesoderm dan puncak saraf yang berasal dari bidang jantung yang kedua.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bayne, Edward J (8 January 2016). "Bicuspid Aortic Valve: Background, Pathophysiology, Epidemiology". Medscape. Diakses tanggal 2 April 2018. 
  2. ^ a b Ho, SY (January 2009). "Structure and anatomy of the aortic root". European Journal of Echocardiography. 10 (1): i3–10. doi:10.1093/ejechocard/jen243alt=Dapat diakses gratis. PMID 19131496. 
  3. ^ Foto anatomi:20:29-0104 di SUNY Downstate Medical Center – "Heart: The Aortic Valve and Aortic Sinuses"
  4. ^ Last's anatomy, regional and appliedAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan (edisi ke-9th.). Churchill Livingstone. 1994. hlm. 268. ISBN 044304662X. 
  5. ^ a b Crawford, Phillip T.; Bordoni, Bruno (2022). Anatomy, Thorax, Aortic Valve. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. PMID 32662953. 
  6. ^ "Anatomy of the Heart: Valves". 2019. Diakses tanggal 2019-03-24.