Katedral Segovia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Segovia
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga dan Santo Fruktus
Spanyol: Catedral de Santa María de Segovia
Katedral Segovia
LokasiSegovia
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Segovia

Katedral Segovia yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga dan Santo Fruktus (Spanyol: Catedral de Santa María de Segovia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di alun-alun utama (Plaza Mayor) kota Segovia di Kastilia-León, Spanyol. Gereja yang dipersembahkan untuk Bunda Maria ini dibangun antara tahun 1525 hingga 1577. Katedral yang lama sebelumnya terletak di sebelah Alcazar, tetapi akhirnya dipindah ke lokasi saat ini agar tidak diserang. Katedral ini dibangun dengan mengikuti rancangan Juan Gil de Hontañón, dan pembangunannya lalu dilanjutkan oleh putranya, Rodrigo Gil de Hontañón.

Menara lonceng katedral ini memiliki tinggi yang hampir mencapai 90 meter. Kini di museum katedral ini disimpan karya-karya beberapa seniman ternama, seperti Pedro Berruguete, Sánchez Coello, dan Van Orley, sementara di arsip katedral ini disimpan salah satu buku pertama yang dicetak di Spanyol, yaitu Sinodal de Aguilafuente.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Ganz Segovia, von María Jesús Herrero Sanz; Reihe: Ganz Spanien; Editorial Escudo de Oro, S.A., Edisi ke-5; ISBN 84-378-1559-2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°57′00″N 4°07′31″W / 40.95°N 4.12528°W / 40.95; -4.12528