Katedral Santo Martinus, Bratislava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Katedral Santo Martinus
Dóm svätého Martina
Cathedral of St. Martin in Bratislava, overview.jpg
Katedral Santo Martinus, Bratislava
Informasi umum
Letak Kota Tua, Bratislava, Slowakia
Afiliasi agama Katolik Roma
Tahun pemberkatan 1452
Status Katedral
Situs web

Dóm sv. Martina

  • Alamat: Dóm sv. Martina
    Rudnayovo námestie No. 1
    811 01 Bratislava
  • Nomor telepon: +421 2 544 313 59
Deskripsi arsitektur
Jenis arsitektur Gereja terbentengi
Gaya arsitektur Arsitektur Goth
Spesifikasi
Tinggi (maks) 85 meter

Katedral Santo Martinus (bahasa Slowakia: Katedrála svätého Martina, bahasa Jerman: Kathedrale des Heiligen Martin, bahasa Hongaria: Szent Márton-dóm atau Koronázó templom) adalah sebuah katedral yang terletak di kota Bratislava, Slowakia. Gereja ini merupakan tempat berkedudukannya Keuskupan Agung Bratislava.

Katedral Santo Martinus terletak di perbatasan barat pusat kota bersejarah di kaki bukit yang menjadi tempat berdirinya Kastil Bratislava. Katedral ini merupakan gereja terbesar dan salah satu gereja tertua di kota Bratislava. Katedral ini dikenal sebagai tempat pemahkotaan raja-raja Hongaria dari tahun 1563 hingga 1830.

Katedral ini memiliki menara yang mencapai ketinggian 85 m. Menara ini mendominasi langit kota tua Bratislava bersama dengan kastil di puncak bukit. Menara tersebut sebelumnya adalah bagian dari perbentengan kota.

Di katedral ini juga tersimpan jenazah Santo Yohanes Eleemon yang meninggal pada awal abad ke-7.

Pemahkotaan penguasa monarki[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1563, katedral ini menggantikan Gereja Perawan Maria di Székesfehérvár sebagai gereja tempat pemahkotaan penguasa monarki Hongaria setelah kota tersebut ditaklukan oleh Kesultanan Utsmaniyah. Pada tanggal 8 September 1563, Mahkota Santo Stefanus dianugerahkan kepada Maximilian II, anak Kaisar Ferdinand I dari Wangsa Habsburg. Secara keseluruhan terdapat 11 raja dan ratu dan 8 pasangan mereka yang dimahkotai di katedral ini dari tahun 1563 hingga 1830, termasuk Maria Theresia dari Austria. Berikut adalah daftarnya:[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bratislava - The Coronation City of the Kingdom of Hungary". BratislavaGuide.com. Diakses tanggal 5 November 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]