Katedral Kotor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kotor
Gereja Katedral Santo Trifon di Kotor
Katedrala Svetog Tripuna/Катедрала Светог Трипуна
Katedral Kotor
LokasiKotor
Negara Montenegro
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webKotorska biskupija
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Kotor
Klerus
Uskupsede vacante

Katedral Santo Trifon (bahasa Serbo-Kroasia: Katedrala Svetog Tripuna/Катедрала Светог Трипуна) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Kotor, Montenegro. Katedral ini menjadi takhta bagi Uskup Keuskupan Kotor yang mencakup seluruh teluk.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini ditahbiskan pada tanggal 19 Juni 1166.[2] Dibandingkan dengan bangunan lainnya, Katedral Kotor adalah salah satu bangunan terbesar dan paling banyak hiasan di Kotor. Katedral ini rusak parah dan dibangun kembali setelah gempa Dubrovnik tahun 1667, namun dana tidak cukup untuk membangun kembali secara menyeluruh.

Gempa Montenegro 1979 pada bulan April, yang meluluhlantahkan pantai Montenegro, juga menyebabkan kerusakan parah pada katedral ini. Bangunan ini telah diselamatkan dan restorasi menyeluruh pada bagian interiornya belum selesai hingga beberapa tahun yang lalu.

Gereja ini dibangun dengan gaya Arsitektur Romanesque, berisi banyak koleksi artefak. Lebih tua dari banyak gereja dan katedral terkenal di Eropa, katedral ini memiliki harta karun yang sangat berharga. Di bagian dalamnya terdapat fresko dari abad ke-14, ornamen batu di atas altar utama yang menggambarkan kehidupan Santo Trifon, serta relief orang-orang kudus dari emas dan perak.

Koleksi benda seninya antara lain tangan perak dan salib, dihiasi ornamen dan figur relief. Itu hanya sebagian dari benda berharga Perbendaharaan bangunan suci unik yang dulunya merupakan Balai Kota. Saat ini, ini adalah objek wisata paling terkenal di Kotor dan simbol kota: Santo digambarkan dalam lambang kota, bersama dengan singa dan Gunung San Giovanni.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedrala Svetog Tripuna Diarsipkan 2020-03-27 di Wayback Machine., TO Kotor
  2. ^ "St. Katedral Tryphon | katedral, Kotor, Montenegro". Britannica.com. Diakses tanggal 2016-12-05.