Katakomba Znojmo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruang bawah tanah Znojmo

Katakomba Znojmo adalah ruang bawah tanah besar yang terletak di kota Znojmo, Republik Ceko. Katakomba ini awalnya dibangun untuk keperluan pertahanan.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Gua bawah tanah ini sudah ada dari abad ke-14 dan kemudian diperluas pada abad ke-15 dengan menghubungkan ruang-ruang yang terpisah di bawah rumah-rumah dan istana-istana menjadi sistem labirin yang rumit.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Katakomba ini awalnya berfungsi untuk melindungi warga kota dari serbuan asing. Di beberapa tempat jalur bawah tanah menghubungkan benteng dengan daerah luar kota, sehingga para penduduk dapat keluar dari kota untuk mencari makan di tengah-tengah pengepungan musuh.

Ruang bawah tanah ini memiliki ventilasi yang cukup dari lubang-lubang udara. Perapian di ruang bawah tanah terhubung dengan cerobong asap di rumah. Penduduk Znojmo juga dapat bertahan lama di tempat ini karena terdapat sumur dan sistem drainase.

Jika musuh menemukan pintu masuk ke ruang bawah tanah, terdapat beberapa perangkap, seperti seluncuran licin yang akan menjatuhkan musuh ke sumur yang dalam dan tidak dapat dipanjat. Selain itu terdapat juga pintu-pintu perangkap dan jalur bawah tanah yang sempit.

Belakangan ruang bawah tanah ini digunakan untuk menyimpan barang, khususnya wine.

Saat ini ruang bawah tanah ini menjadi tujuan wisata dan sebagian dibuka untuk umum dari bulan April hingga Oktober.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Znojmo's Underground Passages - Znojmo Catacombs". Show Caves. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-23. Diakses tanggal August 12, 2010. 

Koordinat: 48°51′0″N 16°0′0″E / 48.85000°N 16.00000°E / 48.85000; 16.00000