Kata kerja bantu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kata kerja bantu (bahasa Inggris: auxiliary verb, disingkat aux) dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang menambahkan makna gramatikal (tata bahasa) dan fungsional ke dalam klausa di mana ia berada, guna menyatakan atau mengekspresikan tense (kala atau pembeda waktu), aspek (atau gatra), modalitas[1] , diatesis, penekanan, dll. Kata kerja atau verba bantu biasanya mengiringi infinitive ataupun participle, di mana masing-masing memberikan isi semantik utama dari suatu klausa. Salah satu contohnya adalah verba have dalam kalimat I have finished my lunch (bahasa Indonesia: Aku telah menyelesaikan makan siangku). Di sini, verba bantu membantu dalam menyatakan aspek perfect (kondisi di mana sesuatu telah selesai dilakukan atau terjadi[1]) beserta participle-nya, finished (bentuk verba ke-3 dari finish).

Beberapa kalimat mengandung gabungan 2 atau lebih verba bantu. Verba bantu juga dapat disebut helper verbs ataupun (verbal) auxiliaries.[2] Riset telah dilakukan pada split inflection di dalam kata kerja bantu.[3]

Baca pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perfect (grammar)". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2023-01-23. 
  2. ^ "Auxiliary verb". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2022-10-27. 
  3. ^ Anderson, Gregory D. S. (2006-06-08). "The Origins of Patterns of Inflection in Auxiliary Verb Constructions" (dalam bahasa Inggris). doi:10.1093/acprof:oso/9780199280315.003.0007.