Kata dasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kata dasar (bahasa Inggris: word stem) atau pemenggalan kata adalah kata yang menjadi dasar bentukan kata yang lebih besar.[1] Dalam bahasa Indonesia, jual adalah kata dasar dari jualan, sedangkan jualan selanjutnya dapat menjadi bentuk dasar dari berjualan.[1] Dalam bahasa Inggris, tie dan untie adalah kata dasar yang masing-masing dapat membentuk kata turunan ties dan unties dengan menambahkan sufiks -s.[2]

Kata dasar dapat berupa akar kata, misalnya "sapu" atau "tangan", namun juga dapat berupa kata majemuk, misalnya "sapu tangan", atau kata turunan, misalnya kata kerja turunan "di-sapu". Maka, pemenggalan kata "fotografer" adalah "foto-graf-er", bukan "foto".

Dalam beberapa bahasa, misalnya Inggris dan Tionghoa, kata dasar biasanya sama dengan bentuk "normal" dari kata tersebut, namun dalam bahasa lain, misalnya Indonesia dan Spanyol, kata dasar tidak dapat berdiri sendiri. Contohnya dalam bahasa Indonesia banyak kata dasar yang harus digunakan dengan imbuhan; morfem seperti ini disebut sebagai morfem terikat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Pusat Bahasa (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9789792238419. 
  2. ^ "What is a stem?". SIL International. Diakses tanggal 2011-04-06.