Kasus penistaan agama Asia Bibi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kasus penistaan Asia Bibi)

Asia Bibi
Nama asalآسیہ بی بی
LahirAasiya Noreen
c. 1971
KebangsaanPakistan
Dikenal atasMendapatkan hukuman mati karena dituduh melakukan penistaan

Aasiya Noreen (bahasa Urdu: آسیہ نورین ALA-LC [Āsiyah Naurīn] Error: {{Transl}}: unrecognized language / script code: urdu (help) IPA: [ˈɑːsiɑː nɔːˈriːn] yang lebih dikenal sebagai Asia Bibi,[1][2] bahasa Urdu: آسیہ بی بی ALA-LC [Āsiyah Bī Bī] Error: {{Transl}}: unrecognized language / script code: urdu (help) IPA: [ˈɑːsiɑː biː biː], sekitar c. 1971)[1] adalah seorang wanita Kristen Pakistan yang dituduh melakukan penistaan oleh pengadilan Pakistan dan diancam dengan hukuman mati dengan cara digantung. Kejadian yang menimpa Bibi itu bermula saat ibu lima anak itu ditangkap lima tahun lalu setelah seorang wanita menyuruh dia meminum air dari sumur di dekatnya. Bibi kemudian minum menggunakan mangkuk yang telah wanita itu gunakan sebelumnya.

Wanita yang menuduh Bibi itu pergi ke ulama muslim lokal dan melaporkan kejadian tersebut. Wanita muslim itu menuduh Bibi melontarkan omongan menentang Nabi Muhammad, yang akhirnya membuat ia harus ditahan polisi. Setelah penangkapan, Masih dan keluarganya dilaporkan terus bersembunyi dan berpindah rumah 15 kali selama lima tahun.

Di bawah undang-undang Pakistan, siapa pun yang dianggap "mencemarkan nama suci Nabi Muhammad" terancam hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati. Dalam banyak kasus sebelumnya, pengadilan selalu mengurangi hukuman atau bahkan menghapusnya sama sekali. Namun tetap saja massa yang marah di bawah pimpinan para ulama akan membunuh para tertuduh.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kazim, Hasnain (19 November 2010). "Eine Ziege, ein Streit und ein Todesurteil". Der Spiegel (dalam bahasa German). Diakses tanggal 19 November 2010. 
  2. ^ "Fear for Pakistan's death row Christian woman". BBC News. 5 Dscember 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-06. Diakses tanggal 5 Desember 2010. 
  3. ^ http://dunia.tempo.co/read/news/2015/07/08/118682219/bibi-dihukum-mati-gara-gara-minum-dari-cangkir-wanita-muslim

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]