Kasus pembunuhan O. J. Simpson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kasus O.J. Simpson)
People v. Simpson
PengadilanPengadilan Negeri Superior Los Angeles County
Nama lengkap perkaraThe People of the State of California v. Orenthal James Simpson
Diputuskan3 Oktober 1995; 28 tahun lalu (1995-10-03)
PutusanTidak bersalah dari dakwaan melanggar Pasal 187(a) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana California, kejahatan atas Nicole Brown Simpson; tidak bersalah dari dakwaan melanggar Pasal 187(a) atas Ronald Lyle Goldman.
Majelis hakim
Hakim anggota majelis
  • Kathleen Kennedy-Powell (praperadilan)
  • Lance Ito (persidangan)

Kasus O. J. Simpson (nama resmi The People of the State of California v. Orenthal James Simpson) adalah kasus pembunuhan yang melibatkan aktor sekaligus mantan pemain sepak bola Amerika O. J. Simpson. Ia diadili karena didakwa membunuh mantan istri Nicole Brown Simpson dan Ronald Goldman (pacar mantan istri) pada 1994. Kasus pidana ini mendapat sorotan luas dari media massa dan publik Amerika Serikat karena O.J. Simpson adalah mantan bintang sepak bola Amerika berkulit hitam. Setelah melalui pengadilan berkepanjangan, Simpson dinyatakan tak bersalah dan dibebaskan pada 3 Oktober 1995.

Di kemudian hari, Simpson dituntut di pengadilan sipil oleh keluarga Brown dan Goldman. Pada 5 Februari 1997, juri dengan suara bulat menunjukkan bukti-bukti dalam jumlah besar yang mendukung tanggung jawab Simpson sebagai penyebab kematian akibat kelalaian atas Goldman dan pemukulan atas Brown. Juri memutuskan, Simpson diwajibkan membayar ganti rugi sebesar AS$33,5 juta untuk kematian Ronald Goldman dan pemukulan terhadap Nicole Brown.[1][2] Atas keputusan tersebut Simpson naik banding.[3] Pengadilan banding Los Angeles menguatkan vonis pengadilan sipil terhadap Simpson.[4]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Peristiwa pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Beberapa saat sebelum tengah malam, Minggu 12 Juni 1994, Nicole Brown dan Ronald Goldman ditemukan tewas secara brutal akibat benda tajam di luar kondominium tempat tinggal Brown di Bundy Drive, kawasan Brentwood, Los Angeles, California. Kedua anak Nicole Brown, Sydney (8 tahun) dan Justin (5 tahun) sedang tidur di ruang tidur lantai atas. O.J. Simpson dan Nicole Brown bercerai dua tahun sebelumnya. Berdasarkan bukti-bukti dari tempat kejadian perkara, O.J. Simpson dinyatakan sebagai tersangka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fagen, Cynthia R. (15 Januari 2007). "'Banshee' Nicole Drove 'Me' to Murder O.J. 'Tell-All' Leaked". New York Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-30. Diakses tanggal 16 November 2008.  line feed character di |title= pada posisi 38 (bantuan)
  2. ^ "Jury unanimous: Simpson is liable". CNN. 4 Februari 1997. Diakses tanggal 16 Juni 2008. 
  3. ^ "The OJ Simpson case + 5 years: Where are they now?". CNN. June 11, 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2000-08-18. Diakses tanggal 16 Juni 2008. 
  4. ^ "Renewal of Simpson Civil Judgment Upheld". The Seattle Times. 20 Februari 2008. Diakses tanggal 16 November 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]