Kastel Trenčín

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kastil Trenčín)
Kastil Trenčín.

Kastil Trenčín (bahasa Slowakia: Trenčiansky hrad, bahasa Hongaria: trencséni vár) adalah sebuah kastel yang terletak di atas kota Trenčín, Slowakia barat.

Sejarah kastel ini dapat ditilik kembali ke masa Kekaisaran Romawi seperti yang ditunjukkan oleh prasasti yang berisi tentang kemenangan Legiun II Romawi di Laugaricio (nama Latin Trenčín) pada tahun 179. Bangunan tertua di tempat ini adalah sebuah rotunda batu yang kemungkinan berasal dari masa Moravia Raya. Pada pertengahan abad ke-13, kastel ini menjadi kediaman Bangsawan Jakab Cseszneky, yang merupakan kardhordó Raja Béla IV. Kemudian, kastel ini menjadi kediaman Máté Csák, "penguasa sungai Váh dan Pegunungan Tatras" yang legendaris. Menara Matúš yang merupakan menara pelindung utama kastel ini dinamai darinya.

Di kastel ini terdapat sebuah sumur yang terkait dengan legenda pangeran Utsmaniyah yang bernama Omar dan perasaan cintanya kepada Fatima. Ia harus membuktikan cintanya dengan menggali sumur di batu.

Kastel ini kini dilindungi sebagai Monumen Budaya Nasional Slowakia. Pada tahun 2006, kastel ini dikunjungi oleh sekitar 100.000 pengunjung.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Györffy György: Az Árpád-kori Magyarország történeti földrajza

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°53′39″N 18°02′41″E / 48.89417°N 18.04472°E / 48.89417; 18.04472