Kastel Hohenwerfen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kastil Hohenwerfen)
Kastil Hohenwerfen
Festung Hohenwerfen
Werfen, Salzburg,
Austria

Burg Hohenwerfen
Dibangun 1075–1078
Pembangun Uskup Agung Gebhard dari Salzburg
Kondisi
saat ini
Terjaga
Dibuka
untuk umum
Yes

Kastil Hohenwerfen (Jerman: Festung Hohenwerfen) adalah sebuah kastil batu dari abad pertengahan yang terletak di kota Werfen di lembah Salzach, Austria. Kastil ini terletak sekitar 40 km di sebelah selatan kota Salzburg. Benteng ini dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Berchtesgaden dan Pegunungan Tennen.

Benteng ini dibangun dari tahun 1075 hingga 1078 atas perintah Uskup Agung Gebhard dari Salzburg pada masa Kontroversi Penahbisan. Gebhard saat itu merupakan sekutu Paus Gregorius VII dan Rudolf dari Rheinfelden yang anti raja, sehingga ia memiliki tiga kastil besar untuk mengamankan rute dagang di Alpen Timur dalam upaya untuk menghadapi pasukan Raja Heinrich IV dari Jerman, yaitu Kastil Hohenwerfen, Hohensalzburg dan Petersberg di Friesach, Kärnten. Meskipun begitu, Raja Heinrich berhasil membuat Gebhard diusir pada tahun 1077 dan ia tidak dapat kembali ke Salzburg hingga tahun 1086, dan ia lalu meninggal di Hohenwerfen dua tahun kemudian.

Beberapa abad berikutnya, Hohenwerfen digunakan oleh Uskup Agung Salzburg bukan hanya sebagai pangkalan militer, tetapi juga sebagai tempat kediaman dan berburu. Benteng ini diperluas pada abad ke-12 dan kembali diperkuat pada abad ke-16.

Benteng ini juga pernah digunakan sebagai penjara dan memiliki reputasi yang buruk pada masanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]