Kasautii Zindagii Kay (seri televisi 2018)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kasautii Zindagii Kay
GenreDrama
PembuatEkta Kapoor
Skenario
  • Anil Nagpal
  • Mrinal Tripathi
CeritaAnil Nagpal
SutradaraMuzammil Desai
Pengarah kreatif
  • Richa Ambolkar
  • Shivangi Babbar
Pemeran
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode468
Produksi
Produser
SinematografiDeepak Malvankar
Penyunting
  • Vikas Sharma
  • Vishal Sharma
  • Sandeep Bhatt
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasikira-kira sekitar 23 menit
Rumah produksiBalaji Telefilms
DistributorStar India
Rilis asli
JaringanStar Plus
Format gambar
Format audioDolby Digital
Rilis25 September 2018 (2018-09-25) –
3 Oktober 2020 (2020-10-3) [1]
Acara terkait
Kasautii Zindagii Kay

Kasautii Zindagii Kay (Bahasa Indonesia: Cobaan Kehidupan) adalah serial televisi India yang dibuat dan diproduksi oleh Balaji Telefilms dan Ekta Kapoor.[2][3] Ini perdana pada 25 September 2018 dan mengudara di Star Plus.[4] Ini adalah reboot dari serial 2001 Kasautii Zindagii Kay. Dibintangi Parth Samthaan, Erica Fernandes dan Hina Khan.[5][6][7][8]

Serial ini juga dialihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Kasautii yang ditayangkan di ANTV pada tanggal 22 Mei 2023 hingga 24 September 2023.[9]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 126 22 Mei 2023 (2023-05-22) 24 September 2023 (2023-9-24) Tayang Perdana ANTV

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Serial ini mengeksplorasi kehidupan dua orang yang berseberangan Anurag Basu dan Prerna Sharma yang berasal dari dua dunia yang berbeda tetapi saling jatuh cinta. Namun, takdir memiliki rencana lain untuk mereka yang menciptakan kekacauan dalam hidup mereka.

Acara dimulai dengan memperkenalkan setiap karakter. Prerna Sharma adalah putri Rajesh Sharma yang bekerja untuk Moloy Basu. Moloy memiliki tiga anak, Anurag, Nivedita, dan Tapur. Nivedita menikah dengan Anupam yang dibutakan oleh uang istrinya saja. Ibu Anurag, Mohini Basu tidak menyukai Sharma karena status mereka yang buruk dan tidak memberikan kesempatan untuk mencaci maki mereka. Anurag dan Prerna belajar di universitas yang sama tetapi nyaris tidak berbagi percakapan. Semua gadis di kampus tertarik pada Anurag kecuali Prerna. Selama perayaan festival Durga Puja, Sharmas mendirikan sebuah kios di tempat Basu. Tempat upacara terbakar dan Prerna dan temannya terjebak di dalam. Anurag melihat ibunya kesal karena pakaian Durga Maa akan hancur. Anurag dapat melakukan apa saja untuk ibunya. Dia berlari ke dalam api untuk menyelamatkan pakaian dan menyelamatkan para gadis. Prerna membantu Anurag dalam melakukannya. Persahabatan mereka mulai menguat.

Naveen, yang dianggap Mohini sebagai kakaknya, dia cabul dan memiliki sejarah dengan banyak wanita, dia menatap Prerna, Prerna mengabaikannya. Naveen berbagi perasaannya dengan Mohini yang membawa proposal rumah sharma. Sharma menolak hubungan itu karena Naveen terlalu tua dan bercerai dua kali. Mohini merasa terhina. Dia mengirim surat ke keluarga Sharma yang menyatakan bahwa Rajesh mengambil pinjaman dari Moloy dan batas waktu telah terlampaui dan mereka harus mengungsi dari rumah mereka. Prerna membaca surat itu di depan semua orang dan menjadi emosional. Dia setuju untuk menikahi Naveen tetapi dengan syarat Naveen akan membantu keluarganya. Seorang wanita misterius (Madhuri) muncul yang terus memberi nasihat kepada Naveen tentang cara menaklukkan Prerna. Dia kemudian mengungkapkan untuk menjadi istri Naveen. Keluarga Prerna, Anurag dan Moloy tidak menyukai persatuan ini karena mereka tahu Prerna tidak jatuh cinta pada uang. Anurag melakukan segalanya untuk menghentikan pernikahan. Dia mencoba banyak cara dan gagal setiap kali. Pada hari pernikahan, Anurag menculik Prerna dan menetapkan Madhuri sebagai pengantin wanita. Kebohongan Naveen ditangkap dan pernikahan dibatalkan. Sementara itu Prerna mulai memiliki perasaan terhadap Anurag. Saudara perempuan Prerna, Shivani memaksanya untuk mengakui perasaannya kepada Anurag. Pada hari Prerna memutuskan untuk melamar Anurag, mantan Mishka Anurag memasuki rumah Basu. Mohini mengambil kesempatan untuk mengumumkan bahwa Anurag dan Mishka akan bertunangan segera. Prerna menyaksikan Mishka mengatakan aku mencintaimu pada Anurag dan dia patah hati. Ketika Prerna kembali ke rumah, dia menemukan Shivani telah mencoba bunuh diri. Anurag pergi dengan cepat untuk pergi ke Prerna. Terungkap bahwa Shivani sedang mengandung saudara laki-laki Mishka. Shivani mengatakan bahwa Ronit berjanji untuk menikahinya tetapi kemudian mundur sementara Ronit mengatakan bahwa Shivani membingkai dia untuk mendapatkannya kembali.

Di tengah kekacauan Naveen, Komolika membuat entri. Komolika adalah putri Siddhant Chaubey, seorang politisi yang kuat dan kakak perempuan Mishka. Naveen mengundangnya di sebuah acara di rumah Basu dan memperkenalkannya kepada Mohini yang menemukannya cocok untuk Anurag. Komolika menarik perhatian semua pria ke mana pun dia pergi. Dia sombong dan licik. Ketika saudaranya ditangkap karena kesalahan Shivani, egonya terluka dan dia mengancam Prerna bahwa dia akan mengambil semua kebahagiaannya dan ini dimulai dengan terlibat dengan Anurag. Mohini dan Nivedita memutuskan bahwa Anurag dan Mishka akan bertunangan dengan cepat. Saat Anurag menyadari perasaannya pada Prerna, Komolika mulai terobsesi padanya. Anurag dan Prerna mengakui perasaan mereka, menyempurnakan hubungan mereka, dan berencana untuk menikah. Melihat mereka merencanakan masa depan bersama, Komolika menimbulkan kesalahpahaman di antara mereka. Dia meminta Anurag untuk menikahinya untuk menyelamatkan rumah Prerna. Terpaksa dan tak berdaya, Anurag setuju. Tidak menyadari kebenarannya, Prerna terkejut. Bingung, dia tertabrak mobil dan dibawa ke rumah sakit, di mana dia dinyatakan hamil.

Terluka dan memberontak, Prerna memasuki rumah Basu, berhasil mengungkap Komolika dan menangkapnya. Komolika lolos dari penjara dan kembali untuk membunuh Prerna, tetapi jatuh dari teras dan menghilang. Anurag dan Prerna dengan senang hati bersatu kembali dan bertunangan.

Rishabh Bajaj adalah seorang pengusaha sukses, kuat dan egois. Dia memfitnah Anurag dan membuatnya dipenjara. Selanjutnya, dia meminta Prerna untuk menikah dengannya sebagai ganti kebebasan Anurag. Tak berdaya, dia setuju. Patah hati, Anurag mempertanyakan Prerna. Dia berbohong padanya, berharap dia pindah tetapi Anurag tetap bersikeras dan menolak untuk menyerah pada cinta mereka. Rishabh mulai jatuh cinta pada Prerna. Sadar akan fakta bahwa Prerna mencintai Anurag, Rishabh mencoba membunuhnya. Saat putrinya Kukki akhirnya terluka saat mencoba menghentikan Rishabh, dia mundur. Anurag dan Prerna bersatu kembali.

Dendam, Komolika kembali. Prerna mengungkapkan kehamilannya kepada Anurag dan keduanya bersuka cita saat mereka bersiap untuk menikah. Komolika menyebabkan kecelakaan Anurag.

1 Bulan Kemudian[sunting | sunting sumber]

Anurag kehilangan ingatannya. Komolika memalsukan identitas dan menyalahgunakan kesempatan untuk membuat Anurag dan Basus percaya bahwa mereka telah menikah. Prerna menemukan identitas Komolika dan memutuskan untuk mengungkapnya tetapi menahan diri karena takut mempengaruhi ingatan Anurag. Komolika mencoba membunuh Prerna dan anaknya tetapi selalu gagal.

Prerna melahirkan Sneha, Anurag mendapatkan kembali ingatannya. Komolika mengancam Anurag untuk menjebak Prerna atas pembunuhan. Dia meminta Anurag untuk berpura-pura mendorongnya dari jembatan. Rishabh, yang masih memiliki perasaan terhadap Prerna, merekomendasikan Anurag untuk mengikuti rencana tersebut, dengan harapan dapat menjauhkan keduanya. Ketika Anurag menolak, Komolika mengancam Prerna akan dipenjara seumur hidup. Tak berdaya, Anurag setuju dan meminta Rishabh berjanji untuk menyelamatkan Prerna.

Anurag mendorong Prerna dari jembatan dan diselamatkan oleh Rishabh. Komolika kemudian meninggalkan Sneha di panti asuhan dan menyuap seorang pekerja untuk membakarnya. Terguncang karena patah hati dan keterkejutan, Prerna mencapai panti asuhan dan sangat terpukul melihatnya terbakar. Patah hati, Prerna pindah ke London bersama Rishabh.

8 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Prerna tumbuh subur sebagai pengusaha wanita yang sukses di London sementara bisnis Anurag berjalan dengan baik di Kolkata. Prerna menjaga hubungan formal dengan Rishabh, masih membenci Anurag atas pengkhianatannya. Anurag membenci Komolika dan terus hidup dalam rasa bersalah. Prerna pergi ke Kolkata untuk membalas kematian putrinya. Anurag dan Prerna bertemu seorang yatim piatu, dan merasakan hubungan yang kuat dengannya, tanpa menyadari bahwa dia adalah Sneha.

Anurag memutuskan hubungan dengan Komolika, mengungkapkan kebenaran kepada Prerna dan menunjukkan buktinya. Dia menjelaskan bagaimana dia mencoba untuk terus menghubunginya, tetapi diasingkan oleh Rishabh. Keduanya bersatu kembali, mengenang saat mereka hilang, rasa sakit yang mereka hadapi dan menikah lagi. Marah, Komolika menikam Prerna tetapi akhirnya melukai Rishabh, saat dia mencoba menyelamatkan Prerna. Rishabh balas menusuk Komolika, dan membunuhnya. Sebelum meninggal, Rishabh meminta maaf kepada Prerna dan Anurag karena egois dan memisahkan mereka serta meminta mereka untuk menjaga Kuki.

1 Bulan Kemudian[sunting | sunting sumber]

Anurag dan Prerna hidup bahagia bersama putri mereka Sneha di Kolkata.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Erica Fernandes sebagai Prerna Basu: (sebelumnya Bajaj; nee Sharma) Putri Veena dan Rajesh; Adik perempuan Shekhar; Kakak perempuan Shivani dan Mahesh; Istri Anurag; Mantan istri Rishabh; ibu Sneha; Ibu tiri Kukki (2018–2020)
  • Parth Samthaan sebagai Anurag Basu: Putra tunggal Mohini dan Moloy; Adik laki-laki Rakhi dan Nivedita; Kakak laki-laki Tapur; suami Prerna; Mantan suami Komolika; Ayah Sneha; Ayah angkat Diya (2018–2020)
  • Hina Khan / Aamna Sharif sebagai Komolika Chaubey: (sebelumnya Basu) Putri sulung Siddhant; Kakak perempuan tertua Mishka dan Ronit; Mantan istri Anurag; Ibu angkat Diya (2018–2020)
  • Karan Singh Grover / Karan Patel sebagai Rishabh Bajaj: Ayah Kukki; Mantan suami Prerna; keponakan Sharda; Sepupu Tanvi (2019–2020)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Shubhaavi Choksey sebagai Mohini Basu: Istri Molloy; ibu Rakhi, Nivedita, Anurag dan Tapur; Nenek Kaushik, Tanisha, dan Sneha (2018–2020)
  • Uday Tikekar sebagai Moloy Basu: Saudara laki-laki Prosenjit; Teman masa kecil Rajesh; Suami Mohini; Ayah Rakhi, Nivedita, Anurag & Tapur; kakek Kaushik, Tanisha, dan Sneha (2018–2020)
  • Kanupriya Pandit sebagai Veena Sharma: Janda Rajesh; Ibu Shekhar, Prerna, Shivani dan Mahesh; Nenek Sneha (2018–2020)
  • Kali Prasad Mukherjee sebagai Rajesh Sharma: Teman masa kecil Moloy; Suami Veena; Ayah Shekhar, Prerna, Shivani dan Mahesh; Kakek Sneha (2018–2019) (Meninggal)
  • Pooja Banerjee sebagai Nivedita Basu: Putri Mohini dan Moloy; Adik perempuan Rakhi; Kakak perempuan Anurag dan Tapur; istri Anupam; Bibi Sneha (2018–2020)
  • Sahil Anand sebagai Anupam Sengupta: Suami Nivedita; Menantu Moloy dan Mohini; Saudara ipar Rakhi, Anurag dan Tapur; Paman Sneha (2018–2020)
  • Upasana Salunke / Priyal Mahajan / Aastha Abhay / Garima Parihar sebagai Tapur Basu: Putri bungsu Mohini dan Moloy; Adik bungsu Rakhi, Nivedita dan Anurag; Mantan tunangan Sahil; Bibi Sneha (2018–2020)
  • Karan Arora sebagai Shekhar Sharma: Putra tertua Veena dan Rajesh; Kakak Prerna, Shivani dan Mahesh; Suami Suman; Paman Sneha (2018–2020)
  • Antara Bonerjee / Ritu Chauhan sebagai Suman Sharma: Istri Shekhar; Menantu perempuan Veena dan Rajesh; Saudara ipar Prerna, Mahesh dan Shivani; Bibi Sneha (2018–2019) / (2019–2020)
  • Charvi Saraf sebagai Shivani Sharma: Putri Veena dan Rajesh; Adik perempuan Shekhar dan Prerna; kakak perempuan Mahesh; Mantan tunangan Ronit; Bibi Sneha (2018–2020)
  • Mridul Das sebagai Mahesh Sharma: putra Veena dan Rajesh; Adik bungsu Shekhar, Prerna dan Shivani; Suami Kajal; Paman Sneha (2020)
  • Adi Irani sebagai Siddhant Chaubey: Ayah Komolika, Mishka dan Ronit; Kakek Angkat Diya (2018–2019)
  • Ariah Aggarwal sebagai Mishka Chaubey: Putri Siddhant; Adik perempuan Komolika; Kakak perempuan Ronit; Mantan tunangan Anurag (2018–2019)
  • Tarun Mahilani sebagai Ronit Chaubey: Putra Siddhant; Adik bungsu Komolika dan Mishka; Mantan tunangan Shivani (2018–2020)
  • Aditi Sanwal sebagai Kukki Bajaj: Putri Rishabh; Putri tiri Prerna; Pacar Kaushik (2020)
  • Kunal Thakur / Akash Jagga sebagai Kaushik Chakraborty: Putra Rakhi; Saudara laki-laki Tanisha; sepupu Sneha; Keponakan Nivedita, Anurag dan Tapur; Pacar Kukki (2020)
  • Sumaiya Khan / Tasheen Shah sebagai Sneha Basu: Putri Prerna dan Anurag; Cucu perempuan Moloy, Mohini, Veena dan Rajesh; Keponakan Rakhi, Nivedita, Tapur, Shekhar, Shivani dan Mahesh; Sepupu Kaushik dan Tanisha; Adik angkat Diya (2020)
  • Bhavya Sachdeva sebagai Sahil Sinha: saudara laki-laki Vikrant; Mantan tunangan Tapur (2019)
  • Siddharth Shivpuri sebagai Vikrant Sinha: Saudara laki-laki Sahil; Mantan pacar Komolika; Saingan bisnis Anurag (2019)
  • Alka Amin sebagai Sharda Bajaj: bibi Rishabh; Ibu angkat Tanvi (2019)
  • Sonyaa Ayodhya sebagai Tanvi Bajaj: Putri angkat Sharda; Sepupu Rishabh (2019)
  • Sanjay Swaraj sebagai Naveen Chandra Chattopadhyay: Saudara angkat Mohini; Suami Ronita dan Madhuri; Mantan tunangan Prerna (2018–2019)
  • Madhura Naik sebagai Madhuri Chattopadhyay: Istri pertama Naveen (2018)
  • Piyali Munshi sebagai Ronita Chattopadhyay: Istri kedua Naveen (2018)
  • Parull Chaudhry sebagai Rakhi Basu: Putri sulung Mohini dan Moloy; Kakak perempuan Nivedita, Anurag dan Tapur; ibu Tanisha dan Kaushik; Bibi Sneha (2020)
  • Urfi Javed sebagai Tanisha Chakraborty: Putri Rakhi; Saudara perempuan Kaushik; Keponakan Nivedita, Anurag dan Tapur; Sepupu Sneha (2020)
  • Namik Paul sebagai Viraj Bhardwaj: Mantan tunangan Prerna; Kaki tangan Komolika (2020)
  • Shivika Rishi / Arishta Mehta sebagai Diya Basu: Putri angkat Anurag dan Komolika (2020)
  • Minal Mogam sebagai Kajal Sharma: Istri Mahesh; Menantu perempuan Veena dan Rajesh; Saudara ipar Shekhar, Prerna dan Shivani; Bibi Sneha (2020)
  • Shahrukh Sadri sebagai Prosenjit Basu: Saudara laki-laki Moloy; Suami Kumud; Ayah Mouli; Paman Rakhi, Nivedita, Anurang dan Tapur; Kakek Kaushik, Tanisha dan Sneha (2019)
  • Anjali Gupta sebagai Kumud Basu: Istri Prosenjit; Ibu Mouli; Bibi Rakhi, Nivedita, Anurag dan Tapur; Nenek Kaushik, Tanisha dan Sneha (2019)
  • Coral Bhamra sebagai Mouli Basu: Putri Kumud dan Prasenjit; Keponakan perempuan Moloy dan Mohini; Sepupu Rakhi, Nivedita, Anurag dan Tapur (2019)
  • Kunal Madhiwalla sebagai Rahil Das: Manajer Industri Basu (2019)
  • Siddharth Banerjee / Naman Arora sebagai Siddhesh "Sid" Kapoor: Teman Anurag (2018 - 2020)
  • Anju Jadhav / Michelle Shah sebagai Anjali Pathak: Teman Prerna (2018)
  • Monica Sharma sebagai Kirti Sharma: Teman Prerna dan Anjali; Istri Rohan (2018)
  • Naveen Sharma sebagai Rohan Sharma: Teman Anurag dan Prerna; Suami Kirti (2018)
  • Roopali Prakash sebagai Manisha Singhania: Teman Komolika (2018)
  • Rohit Sharma sebagai Gaurav Kukreja: Mantan pacar Komolika (2018)
  • Neelu Dogra sebagai Rondita Bhasin: Teman Mohini (2020)
  • Reema Vohra sebagai Priyanka Gupta: Pengasuh Sneha (2020)
  • Amit Raghuvanshi / Aashish Bhardhwaj sebagai Sondesh: Teman Kaushik (2020)
  • Sabina Jat sebagai Anushka Thapar: Teman Kukki (2020)

Tamu[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Respon Kritis[sunting | sunting sumber]

Acara ini telah menerima tinjauan beragam dari para kritikus. Shweta Kesari dari India Today mengatakan, "Parth Samthaan dan Erica Fernandes dengan indahnya cocok dengan sepatu Anurag yang tepat waktu dan Prerna yang riang. Kemegahan dan keagungan acara ini akan membuat Anda kehilangan rahang. Pembuatnya telah mencoba mempertahankan esensi dari Kolkata dan Bengali. Secara keseluruhan pertunjukan adalah paket hiburan lengkap untuk pemirsa!".[10]

Soumya Srivastava dari Hindustan Times menggambarkan pertunjukan itu sebagai "lebih keras dan hiasan" dan menulis bahwa, "Skor latar belakangnya berlebihan. Bermain tanpa alasan dan terlalu sering. Apakah adegan menuntutnya atau tidak, ceria, sedih atau nada lucu selalu ada untuk memaksa otak Anda berpikir bahwa inilah yang seharusnya Anda rasakan saat ini.[11]

Times Now berkomentar bahwa, "Reboot membawa Anda dalam kehidupan Anurag dan Prerna yang merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan episode pertama adalah semua tentang nostalgia epik Kasautii Zindagii Kay.[12]

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Dalam minggu debutnya, serial ini dibuka dengan 5589 juta tayangan di daerah perkotaan sehingga menjadi pertunjukan ke 10 yang paling banyak ditonton selama seminggu.[13][14][15][16]

Di Inggris di minggu kedua, serial ini adalah acara yang paling banyak ditonton pada hari Kamis dengan 101100 penonton.[17]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Kasautii Zindagii Kay
Original Soundtrack
Album lagu tema karya Priya Bhattacharya
Babul Supriyo
GenreRomantis
Soundtrack
BahasaHindi
ProduserPriya Bhattacharya
Babul Supriyo

Judul lagu Kasautii Zindagii Kay dinyanyikan dan diciptakan kembali oleh komposer dan penyanyi dari serial aslinya, Babul Supriyo dan Priya Bhattacharya.[18][19]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil Referensi
2019 Kalakar Awards Most Popular Actress Erica Fernandes Menang [20]
Best Actor In Negative Role Sanjay Swaraj Menang
Best Serial Ekta Kapoor Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kasautii Zindagii Kay wraps up on October 3; finale episode may end with a happily ever after for lovers Anurag and Prerna". Mumbai Mirror. 
  2. ^ "Ekta Kapoor hints at the comeback of Kasautii Zindagii Kay". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). 2018-02-16. Diakses tanggal 2018-08-05. 
  3. ^ "Kasautii Zindagii Kay Reboot to go on air from September 10". mid-day. 2018-08-03. Diakses tanggal 2018-08-05. 
  4. ^ "Ekta Kapoor's Kasauti Zindagi Kay 2 delayed; check out the new premiere date". India Today. Diakses tanggal 24 August 2018. 
  5. ^ "Erica Fernandes begins shooting for Kasautii Zindagii Kay promo". The Times of India. 
  6. ^ "Parth Samthaan is the new Anurag Basu in Kasuati Zindagi Kay reboot". 
  7. ^ "Kasautii Zindagii Kay promo: SRK introduces Parth and Erica as Anurag and Prerna". The Indian Express. 
  8. ^ "Kasautii Zindagii Kay 2: Ekta Kapoor reveals Hina Khan's look as Komolika". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). 
  9. ^ Suhendra, Ichsan (21 Mei 2023). "Kasautii, Ketika Sahabat Jadi Cinta Namun Terhalang Cinta Keluarga". VIVA. Diakses tanggal 23 Mei 2023. 
  10. ^ Kasautii Zindagii Kay 2 first episode review: Parth-Erica shine in this retelling of the epic love saga
  11. ^ Kasautii Zindagii Kay 2 episode 1 review: There was no room for it but things have become worse
  12. ^ Review: Kasautii 2: It's all about getting Nostalgic
  13. ^ Most watched Indian TV shows: Kasautii Zindagii Kay 2 opens to big numbers on TRP charts
  14. ^ Ratings war: Ekta Kapoor's Kasautii Zindagii Kay beats Bigg Boss 12, enters top ten
  15. ^ "TRP Report: Erica Fernandes and Parth Samthaan's Kasautii Zindagii Kay enters top 10; Bigg Boss 12 kicked off". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-19. Diakses tanggal 2019-01-30. 
  16. ^ Ekta Kapoor's 'Kasautii Zindagii Kay' gets a thundering welcome, beats Salman Khan's 'Bigg Boss 12' on BARC
  17. ^ ‘Kasautii Zindagii Kay’ soars to No.1 on Thursday in UK
  18. ^ "Must watch: The making of Kasauti Zindagi Kay reboot title track will make you nostalgic". India Today. 
  19. ^ "Kasautii Zindagii Kay 2: MEET the singer of the show's melodious title track". ABP News. 12 August 2018. 
  20. ^ "Erica, Kasautii wins big at 27th Kalakar Awards, 2019". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-22. Diakses tanggal 2022-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]