Karya Tulis Ilmiah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis serta berlandaskan kaidah ilmiah.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Karya Tulis Ilmiah (KTI) terbagi menjadi dua jenis. Pertama, KTI hasil penelitian dan pengembangan. Kedua, KTI berupa tinjauan, ulasan, kajian, atau hasil pemikiran. Kedua jenis KTI tersebut disusun dengan format penulisan yang sama. Perbedaan keduanya hanya pada tingkat kejelasan subjek yang tinjau dan dikaji, dengan tingkat yang tertinggi berada pada KTI yang berupa tinjauan, ulasan, kajian, atau hasil pemikiran. Subjek pada KTI jenis tinjauan, ulasan, kajian dan hasil pemikiran dijelaskan secara keseluruhan dan lengkap.[2]

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Buku ilmiah[sunting | sunting sumber]

Buku ilmiah adalah rangkuman hasil-hasil penelitian terbaru yang disusun berdasarkan hasil kajian mendalam tentang masalah terkini dalam suatu bidang keilmuan serta berlandaskan pada kaidah, format, dan sistematika baku yang berlaku.[3]

Bunga rampai[sunting | sunting sumber]

Bunga rampai adalah kumpulan KTI yang disusun dengan pendekatan dari beberapa sudat pandang bidang keilmuan yang memiliki tema yang sama. Bunga rampai tersusun dari bab-bab dengan pembahasan yang lengkap. Tiap bab terdiri dari bahasan yang dapat berbeda dengan bab lain, tetapi tetap memiliki keterkaitan satu sama lain.[4] Pembahasan pada bunga rampai hampir sama dengan buku ilmiah. Pembeda utama antara bunga rampai dan buku ilmiah terletak pada konten prakata atau prolog dan penutup atau epilog. Prolog bunga rampai merangkum secara keseluruhan isi dalam tiap babnya, sedangkan epilog bunga rampai merupakan hasil analisis terhadap keseluruhan isi pada tiap babnya. Bunga rampai ditulis oleh para penulis secara bersama-sama. Seorang pakar ditunjuk untuk mengedit tiap bab yang telah ditulis.[5]

Prosiding ilmiah[sunting | sunting sumber]

Prosiding ilmiah adalah salah satu bentuk buku cetak atau salinan lunak yang berisi kumpulan makalah ilmiah yang diterbitkan mininal di tingkat nasional dan memiliki Nomor Buku Standar Internasional atau Nomor Serial Standar Internasional serta diedit oleh beberapa pakar keilmuan yang sesuai dengan tema bahasan.[6] Sebelum dimasukkan ke dalam prosiding ilmiah, kumpulan makalah ilmiah tersebut telah diseleksi, dipaparkan, disunting, serta diatur tata letaknya sehingga menjadi satu kesatuan pubikasi yang utuh dan terjilid.[7]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012), hlm. 2."Karya Tulis Ilmiah yang selanjutnya disingkat KTI adalah tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah"
  2. ^ Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012), hlm. 6."Jenis KTI terdiri atas: 1. Hasil litbang; 2. Tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis. KTI disusun berdasarkan jenisnya, tetapi tetap dibuat dalam format yang sama, kecuali untuk KTI jenis tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis dijelaskan secara keseluruhan dan lengkap tentang subjek yang ditinjau/diulas dan dikaji."
  3. ^ Tim Editor LIPI Press (2017), hlm. 6."Buku ilmiah adalah KTI hasil pembahasan mendalam tentang masalah kekinian suatu keilmuan dengan merangkum hasil-hasil penelitian yang terbaru sesuai dengan bentuk, kaidah, format, dan sistematika yang baku."
  4. ^ Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012), hlm. 4."Bunga rampai adalah kumpulan KTI dengan satu tema permasalahan dengan pendekatan dari beberapa aspek/sudut pandang keilmuan. Setiap bab dapat berdiri sendiri dengan susunan KTI lengkap dan ada benang merah yang mengkaitkan keseluruhan bab."
  5. ^ Lukman et al. (2017), hlm. 77."Publikasi ilmiah dalam bentuk bunga rampai memiliki unsur-unsur yang sama dengan bentuk buku ilmiah, tetapi berbeda dalam hal prakata/prolog yang mengantarkan keseluruhan isi dan dalam hal penutup/epilog yang merupakan analisis atas keseluruhan isi. Buku bunga rampai ditulis secara bersama-sama dan setiap bab ditulis oleh penulis yang berbeda. Semua bab dikompilasi oleh editor yang pakar di bidangnya."
  6. ^ Lukman et al. (2017), hlm. 171."Prosiding ilmiah: Kumpulan makalah yang diterbitkan dalam bentuk buku cetak atau salinan lunak (soft copy) dan memiliki ISBN atau ISSN serta keberadaan dewan editor yang terdiri atas 1 atau lebih pakar dalam bidang ilmu yang sesuai, diterbitkan dan diedarkan serendah-rendahnya secara nasional."
  7. ^ Lukman et al. (2017), hlm. 60."Makalah yang dimaksud di sini adalah makalah lengkap yang sudah terseleksi, dipaparkan, ditelaah, disunting, di-layout, dan disusun dalam format terjilid hingga menjadi 1 kesatuan publikasi utuh."

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012). Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Bogor: Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Peneliti LIPI. 
  • Tim Editor LIPI Press (2017). Panduan Penelaahan & Penilaian Naskah Buku Ilmiah LIPI Press. Jakarta: LIPI Press. 
  • Lukman; et al. (2017). Pedoman Publikasi Ilmiah. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual. ISBN 978-602-73921-3-7.