Kartu identitas Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kartu Identitas Hong Kong
香港身份證
Penerbit Hong Kong
Jenis dokumenKartu identitas
TujuanIdentifikasi
Syarat kepemilikanTempat tinggal di Hong Kong, penduduk di atas 11 tahun
BiayaRegistrasi: gratis[1]
Pembaruan: gratis
Penggantian (hilang, hancur, rusak atau cacat): HK$370
Penggantian (perubahan keterangan): HK$460
Kartu Identitas Permanen Hong Kong
Hanzi tradisional: 香港永久性居民身份證
Kartu Identitas Hong Kong
Hanzi tradisional: 香港身份證

Kartu Identitas Hong Kong (Hanzi: 香港身份證, singkatan: HKID) adalah dokumen identitas resmi yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi Hong Kong. Menurut Registrasi Ordonansi Penduduk (Cap. 177), seluruh penduduk yang berusia 11 tahun atau lebih yang tinggal di Hong Kong selama lebih dari 180 hari harus, dalam waktu 30 hari baik ketika mencapai usia 11 tahun atau ketika tiba di Hong Kong, mendaftar untuk HKID.[2] HKID memuat antara lain nama pemilik kartu dalam bahasa Inggris, dan jika diberlakukan dalam Tionghoa. HKID tidak kedaluwarsa selama masa tinggal di Hong Kong.

Sementara itu, Kartu Identitas Permanen Hong Kong (Hanzi: 香港永久性居民身份證) adalah kelas HKID yang dikeluarkan untuk penduduk Hong Kong yang memiliki hak atas tempat tinggal di Daerah Administratif Khusus Hong Kong.[3] Ada sekitar 8,8 juta kartu identitas Hong Kong yang beredar.[4]

HKID saat ini, dinamakan sebagai Kartu Identitas Cerdas Baru, memiliki beragam fitur keamanan, daya tahan, dan peningkatan teknologi chip.[5]

Kelas[sunting | sunting sumber]

Kartu Identitas Hong Kong

Terdapat dua kelas Kartu Identitas Hong Kong:

  • Kartu Identitas Permanen Hong Kong (Tionghoa: 香港永久性居民身份證) – menyatakan bahwa pemegangnya memiliki hak tinggal di Wilayah Administratif Khusus Hong Kong
  • Kartu Identitas Hong Kong (Tionghoa: 香港身份證) – yang tidak menyatakan hak tersebut.[3]

Jenis kartu dapat dibagi lagi menjadi kartu bertuliskan "anak" (di bawah usia 11 tahun dan tidak wajib. Kartu dapat diminta untuk mendapatkan paspor nanti dengan nomor penduduk tetap Hong Kong), "pemuda" (dari usia 11 tahun ke atas hingga 18 tahun), dan "dewasa" (dikeluarkan sejak usia 18 tahun dan seterusnya).

Syarat[sunting | sunting sumber]

Kartu identitas cerdas

Penduduk Hong Kong diharuskan untuk mendapatkan kartu HKID pada usia 11 tahun. Penduduk Hong Kong yang berusia di atas 15 tahun wajib membawa identifikasi hukum bersama mereka setiap saat (yaitu kartu HKID).[6] Pembawa kartu HKID "pemuda" harus beralih ke HKID "dewasa" dalam waktu 30 hari setelah ulang tahun ke-18 mereka. Kartu "pemuda" mereka tidak valid sebagai dokumen perjalanan yang masuk kembali 30 hari setelah ulang tahun ke-18.

Foto tidak diperlukan pada HKID bagi anak-anak di bawah usia 11 tahun dan tidak dapat digunakan sebagai dokumen perjalanan. Sebuah Surat Izin Masuk Kembali Hong Kong dikeluarkan sebagai gantinya. Atau, anak-anak dapat menggunakan Paspor Hong Kong mereka atau paspor Nasional Inggris (Luar Negeri) mereka sebagai dokumen perjalanan untuk masuk dan keluar Hong Kong.

Nomor HKID[sunting | sunting sumber]

Kartu HKID berisi nomor HKID pembawa, yang format standarnya X123456(A). X mewakili satu atau dua huruf alfabet. Huruf U diikuti oleh huruf alfabet lain (UH dan UY umumnya, meskipun terdapat yang lain) biasanya diberikan kepada ibu yang baru saja melahirkan, tetapi mungkin atau mungkin tidak memiliki hak tinggal di Hong Kong, dan karena itu bersifat sementara sampai jumlah yang tepat dapat ditentukan. Selain itu, bayi tidak dapat memegang HKID tetapi sistem pengarsipan rumah sakit didasarkan pada nomor ID, oleh karena itu kebutuhan untuk menetapkan HKID sementara. Angka-angka dapat mewakili nomor Arab apa pun.

A adalah digit periksa yang memiliki 11 nilai yang memungkinkan dari 0 hingga 9 dan A. Ada 26 juta nomor kartu yang mungkin hanya menggunakan awalan satu huruf, dan 676 juta menggunakan awalan dua huruf. Nomor ID orang yang meninggal tidak digunakan kembali. Juga dicatat bahwa digit periksa dalam kurung bukan bagian dari nomor kartu identitas, tetapi ditambahkan semata-mata untuk memfasilitasi pemrosesan data komputer.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fee Tables - Immigration department of the Hong Kong SAR, diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2017, diakses tanggal 18 January 2017 
  2. ^ Immd.gov.hk. "immd.gov.hk Diarsipkan 10 February 2008 di Wayback Machine.." The government of the Hong Kong Special Administrative Region. Diakses tanggal 7 Februari 2008.
  3. ^ a b Yearbook.gov.hk. "Yearbook.gov.hk Diarsipkan 24 January 2008 di Wayback Machine.." Hong Kong 2006. Retrieved on 7 February 2008.
  4. ^ "New Hong Kong identity cards unveiled after 2 years; replacements begin Q4 2018 - Hong Kong Free Press HKFP". hongkongfp.com. 29 November 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2018. Diakses tanggal 24 April 2018. 
  5. ^ "New Hong Kong ID cards to be rolled out from late December". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). 2018-10-18. Diakses tanggal 2018-12-19. 
  6. ^ "Hong Kong e-Legislation". www.legislation.gov.hk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 October 2012. Diakses tanggal 24 April 2018. 
  7. ^ "The Smart Identity Card | Immigration Department". www.immd.gov.hk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-07-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]