Karna Yudibrata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karna Yudibrata adalah seorang sastrawan Sunda yang lahir di Desa Tamansari, Rancah Ciamis pada 17 September tahun 1936. Latar belakang pendidikannya berasal dari IKIP Bandung jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Karena beliau sangat aktif, beliau diangkat menjadi dosen tetap di IKIP Bandung jurusan Pendidikan Bahasa Sunda dengan mata kuliah linguistik. Selain aktif dibidang akademik, Ia juga aktif berorganisasi. Setelah menjadi dosen, Ia diberi jabatan sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Sunda, dan ketua Biro Olahraga, Kesenian, dan Pramuka IKIP Bandung. Karna Yudibrata Meninggal di Bandung, 2 Januari 2014.

Karier[sunting | sunting sumber]

Selain aktif sebagai tenaga pendidik di IKIP Bandung, Karna Yudibrata pernah menjadi Sekretaris Dewan Pertimbangan Kebudayaan Provinsi Daerah Tingkat 1 Jawa Barat. Ia juga memiliki jasa sebagai pendiri sekaligus menjadi ketua pertama (1970-1979) di Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) atau yang sekarang terkenal dengan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI). Pada tahun 1980 Karna, mendapatkan kesempatan untuk sekolah kembali di Fakultas Pasca Sarjana IKIP Malang, program S-3 spesialisasi bidang studi Pendidikan Bahasa. Empat tahun kemudian, Ia diangkat menjadi Sekretaris Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM), merangkap jabatan sebagai anggota Senat IKIP Bandung.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karna Yudibrata terkenal dengan karya sastranya yang ditulis menggunakan bahasa Sunda. Ia mencintai bidang tulis-menulis sejak SGA. Namun, mulai fokus menulis sajak, essay, dan cerita pendek pada tahun 1965. Tulisannya sering diterbitkan di majalah Sipatahoenan, Warga, Mangle, Kalawarta LBSS, Mingguan Sunda, Baranangsiang, Sangkuriang, Hanjuang, Sari, Langensari, dan Wangsit. Selain itu, Ia juga aktif melakukan penelitian mengenai pendidikan, bahasa, dan seni.