Karl VII, Kaisar Romawi Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangKarl VII, Kaisar Romawi Suci
Nama dalam bahasa asli(de) Karl VII Albrecht
Biografi
Kelahiran6 Agustus 1697
Kota Brussel
Kematian20 Januari 1745 (47 tahun)
Munich
Penyebab kematianPenyakit
Tempat pemakamanTheatine Church (en)
  Kaisar Romawi Suci 

24 Januari 1742 – 20 Januari 1745
  Raja-pemilih 


  King of the Romans (en) 

Data pribadi
AgamaGereja Katolik Roma
Kegiatan
PekerjaanPemimpin monarki
Lain-lain
Gelar bangsawanDuke
KeluargaWangsa Wittelsbach
Pasangan nikahMaria Amalia dari Austria (1722–)
KekasihMaria Anna Josepha, Gräfin Fugger zu Kirchberg (en)
AnakMaria Antonia dari Bayern
Maximilian III Joseph, Elektor Bayern
Duchess Maria Anna Josepha of Bavaria (en)
Maria Josepha dari Bayern
Theresa Benedicta of Bavaria (en)
Franz Ludwig von Holnstein (en)
Orang tuaMaximilian II Emanuel Theresa Kunegunda Sobieska (en)
SaudaraClemens August of Bavaria (en), Joseph Ferdinand of Bavaria (en), Emmanuel-François-Joseph de Bavière (en), Philipp Moritz von Bayern (en), John Theodore of Bavaria (en), Ferdinand Maria Innocenz of Bavaria (en) dan Maria Anna Caroline of Bavaria‎ (en)
Penghargaan

Lambang kebesaran Karl VII, Kaisar Romawi Suci

Find a Grave: 13035443

Karl VII (juga dikenal dengan nama Karl Albrecht, 7 April 1697 – 20 Januari 1745) adalah pangeran-elektor Bayern dari tahun 1726 dan Kaisar Romawi Suci dari tanggal 24 Januari 1742 hingga kemangkatannya pada tahun 1745. Ia adalah anggota Wangsa Wittelsbach, sehingga ia merupakan orang pertama dari luar Wangsa Habsburg yang menjadi Kaisar Romawi Suci semenjak tahun 1440. Setelah kematian Karl VI, Kaisar Romawi Suci, Karl VI diwarisi oleh putrinya, Maria Theresia. Walaupun Karl VI sudah berupaya keras agar negara-negara lain bersedia mengakui Sanksi Pragmatik 1713, Prusia, Bayern, dan Prancis mendadak menolak mengakuinya, dan mereka menjadikannya dalih untuk menyerang Austria. Maka Karl Albrecht menyerang wilayah Bohemia. Ia juga terpilih sebagai Kaisar Romawi Suci di tengah berkecamuknya Perang Pewaris Austria. Namun, tidak lama setelah ia dimahkotai, wilayanhya diserang dan diduduki oleh pasukan Austria. Belakangan pasukan Austria mundur dari Bayern akibat serangan baru yang dilancarkan oleh Raja Friedrich II dari Prusia terhadap Bohemia. Namun, Karl VII menderita penyakit pirai, dan ia tutup usia di Istana Nymphenburg pada 20 Januari 1745. Ia digantikan oleh anaknya, Maximilian III Joseph, yang kemudian berdamai dengan Austria. Jenazah Karl Albrecht disemayamkan di ruang bawah tanah Theatinerkirche di München.

Karl VII, Kaisar Romawi Suci
Didahului oleh:
Karl VI
Kaisar Romawi Suci
1742 – 1745
Diteruskan oleh:
Francis I

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Karl VII. (Heiliges Römisches Reich): Das Tagebuch Kaiser Karl's VII. aus der Zeit des österreichischen Erbfolgekriegs. Hrsg.: Karl Theodor von Heigel. München 1883.
  • Entwurff, Jener Fest, die wegen des vorstehend-höchsten Beylagers, zwischen ... Carolo Alberto, Und ... Maria Amalia, In ... München gehalten werden, Anno 1722. Hanck, Stadt am Hoff 1772,