Karl II dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karl II
Potret Adipati Utama Karl oleh Bartolomé González y Serrano
Adipati Utama Austria
Berkuasa25 Juli 1564 – 10 Juli 1590
PendahuluFerdinand I
PenerusFerdinand III
Informasi pribadi
Kelahiran3 Juni 1540
Wina, Austria
Kematian10 Juli 1590(1590-07-10) (umur 50)
Graz, Austria
Pemakaman
Seckau, Austria
WangsaHabsburg
AyahFerdinand I, Kaisar Romawi Suci
IbuAnna dari Bohemia dan Hungaria
PasanganMaria Anna dari Bayern
Anak
AgamaKatolik Roma
Patung makam Karl II Franz dari Austria dan istrinya Maria Anna dari Bayern, tugu makam "Mausoleum Habsburg", Keabasan Seckau

Karl II Franz (3 Juni 154010 Juli 1590) adalah adipati utama Austria dan penguasa Innerösterreich (Steiermark, Krain, Kärnten dan Gorizia) sejak tahun 1564. Dia berasal dari Wangsa Habsburg.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Keabasan Seckau, Tugu makam "Mausoleum Wangsa Habsburg"

Berasal dari Wina, ia adalah putra ketiga Ferdinand I, Kaisar Romawi Suci, dan Anna dari Bohemia dan Hungaria, putri Raja Władysław II dari Hungaria dan istrinya Anne dari Foix-Candale. Pada tahun 1559 dan sekali lagi pada 1564–1568 terjadi negosiasi pernikahan antara Karl dan Elizabeth I dari Inggris. Kaisar Ferdinand I mengharapkan Elizabeth akan menyetujui perjanjian pernikahan yang diusulkan bahwa Karl, sebagai dudanya, akan menggantikannya jika dia meninggal tanpa keturunan. Negosiasi berlanjut sampai Ratu Elizabeth memutuskan bahwa dia tidak akan menikah dengan sang Adipati Utama; agama menjadi kendala utama pernikahan,[1] selain karakter Ratu. Pada tahun 1563, Karl juga seorang pelamar Mary, Ratu Skotlandia, dengan pamandanya Charles, Kardinal Lorraine, menasihatinya untuk menikah dengan Karl untuk mendapatkan bantuan dalam memerintah Skotlandia. Akan tetap Mary tidak setuju, begitu juga kakanda Karl, Maximilian.

Tidak seperti saudaranya, Kaisar Maximilian II, Karl adalah seorang umat Katolik yang religius dan mendukung reformasi Katolik, misalnya dengan mengundang para Yesuit ke wilayahnya. Akan tetapi, pada tahun 1572, ia harus membuat konsesi yang penting untuk wilayah Innerösterreich di Graz, dan pada tahun 1578 dan Libellum Bruck. Hal ini menghasilkan toleransi terhadap Protestanisme.

Karena keturunan Innerösterreich harus menanggung beban utama perang melawan Turki, benteng Karlstadt/Karlovac di Kroasia didirikan pada tahun 1579 dan dinamai menurut namanya. Karl juga dikenang sebagai dermawan seni dan ilmu pengetahuan. Terutama komponis Orlando de Lassus adalah salah satu protégé-nya, seperti juga ahli teori musik Ludovico Zacconi.

Pada tahun 1573, Karl mendirikan Akademisches Gymnasium di Graz, sekolah menengah tertua di Steiermark. Pada tahun 1580, Karl mendirikan peternakan kuda asal Andalusia di Lipica, Slovenia, dengan demikian memainkan peran utama dalam penciptaan jenis Lipizzan. Pada tahun 1585, Karl mendirikan Universitas Graz, yang dinamai Karl-Franzens-Universität menurut namanya.

Karl meninggal di Graz pada tahun 1590, mausoleumnya berada di Keabasan Seckau, di mana anggota lain dari Wangsa Habsburg juga dimakamkan. Bangunan ini adalah salah satu bangunan Barok awal terpenting di Alpen Tenggara. Dibangun sejak tahun 1587 dan seterusnya oleh Alessandro de Verda dan diselesaikan oleh Sebastiano Carlone pada tahun 1612.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Di Wina pada 26 Agustus 1571 Karl menikahi keponakannya Maria Anna dari Bayern. Mereka memiliki lima belas anak:

Galeria[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Doran pp.73–98
  2. ^ (dalam bahasa Prancis) Héraldique Européenne Diarsipkan 2011-02-22 di Wayback Machine., Toison d'Or, Philippe II, 3.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Doran, Susan (1996). Monarchy and Matrimony: The Courtships of Elizabeth I. Routledge. 
Karl II dari Austria
Lahir: 3 Juni 1540 Meninggal: 10 Juli 1590
Gelar
Didahului oleh:
Ferdinand I
Adipati Utama Austria
1564–1590
Diteruskan oleh:
Ferdinand II