Karl Deutsch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karl Wolfgang Deutsch (1912–1992) adalah ilmuwan sosial dan politik Ceko. Karyanya berfokus pada kajian perang dan perdamaian, nasionalisme, kerja sama, dan komunikasi. Ia juga dikenal sebagai pengusung metode kuantitatif dan analisis sistem dan pemikiran model formal dalam ilmu politik dan sosial. Ia merupakan salah satu ilmuwan sosial paling berpengaruh pada abad ke-20.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Deutsch lahir dari keluarga penutur bahasa Jerman di Praha, Kekaisaran Austria-Hongaria, tanggal 21 Juli 1912. Ia menjadi warga negara Cekoslowakia pasca-Perang Dunia I. Ibunya, Maria Leopoldina Scharf Deutsch[1] adalah seorang demokrat sosial dan wanita pertama yang terpilih menjadi anggota parlemen Cekoslowakia (1918). Ibunya dikenal sebagai penenetang keras Nazisme. Bapaknya, Martin Morritz Deutsch, memiliki toko kacamata di Alun-Alun Wenceslas, Praha, dan merupakan kader Partai Pekerja Demokrat Sosial Ceko. Pamannya, Julius Deutsch, adalah tokoh politik berpengaruh di Partai Demokrat Sosial Austria.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karl belajar hukum di Universitas Jerman di Praha dan lulus pada tahun 1934. Ia tidak melanjutkan studinya karena prinsip anti-Nazi yang dipegangnya ditentang oleh mahasiswa pro-Nazi. Karl menikahi Ruth Slonitz tahun 1936. Setelah tinggal selama dua tahun di Inggris, ia kembali ke Praha. Karena terlibat aktivitas anti-Nazi, ia tidak boleh masuk Universitas Jerman. Karl melanjutkan pendidikannya di Universitas Charles dan mendapatkan gelar PhD di bidang ilmu politik (hukum internasional dan kanon) pada tahun 1938. Pada tahun yang sama ketika Perjanjian Munich mengizinkan pasukan Jerman memasuki Sudetenland, ia bersama istrinya memutuskan tinggal di Amerika Serikat. Tahun 1939, Deutsch diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard. Ia mendapat gelar PhD keduanya di bidang ilmu politik pada tahun 1951.

Semasa Perang Dunia II, ia bekerja untuk Office of Strategic Services. Ia merupakan pelajar peserta Konferensi San Francisco yang menjadi fondasi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1945. Deutsch pernah mengajar di beberapa universitas; pertama di MIT tahun 1943 sampai 1956, Universitas Yale sampai 1967, lalu Harvard lagi sampai 1982. Ia juga pernah menjabat sebagai Dosen Perdamaian Internasional Stanfield di Harvard, jabatan terakhir yang dipegangnya sebelum meninggal dunia.

Deutsch meneliti sibernetika dan penerapan simulasi & model dinamika sistem dalam kajian permasalahan sosial, politik, dan ekonomi (masalah terkutuk). Ia mengembangkan pemodelan dunia yang diusung oleh para penulis Club of Rome seperti Limits to Growth karya Donella Meadows, et al. (1972). Ia memperkenalkan konsep-konsep baru seperti masyarakat keamanan dalam kajiannya.

Ia sempat menduduki beberapa jabatan tinggi. Ia pernah menjadi anggota dewan World Society Foundation di Zürich, Swiss sejak 1984. Ia juga terpilih sebagai Presiden American Political Science Association tahun 1969, International Political Science Association tahun 1976, dan Society for General Systems Research tahun 1983. Sejak 1977 sampai 1987, ia menjabat sebagai Direktur Social Science Research Center Berlin (Wissenschaftszentrum Berlin für Sozialforschung, WZB) di Berlin.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia meninggal dunia di Cambridge, Massachusetts pada 1 November 1992. Ia dikaruniai dua putri, Mary D. Edsall, seorang penulis (istri Thomas Edsall), dan Margaret D. Carroll, seorang sejarawan seni, dan tiga cucu, Alexandra Edsall, Sophia Carroll, dan Samuel Carroll.

Karya pilihan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.psp.cz/cgi-bin/eng/eknih/1920ns/ps/tisky/t2611_06.htm