Karetan, Purwoharjo, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karetan
Desa
Kantor-desa-karetan-purwoharjo-banyuwangi.jpg
Kantor Desa Karetan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Kecamatan Purwoharjo
Kodepos 68483
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Karetan adalah sebuah nama desa di wilayah Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Pembagian Administratif[sunting | sunting sumber]

Desa Karetan terdiri dari 2 dusun, yaitu :

  • Sidoagung
  • Sidodadi

Sejarah dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Wilayah ini dulunya merupakan sebuah hutan karet di utara Gumukmurti. Sekitar tahun 1915, datang sekelompok orang dari Malang Selatan yang dipimpin oleh Sawirono. Tahun demi tahun berlalu, Karetan terus berkembang sehinga berubah menjadi Krajan Karetan. Seiring dengan perkembangan zaman serta perubahan peraturan pemerintah tentang pemerintahan desa, Krajan Karetan berubah nama menjadi Dusun Karetan dan dibawah Pemerintahan Desa Glagahagung saat itu.

Kemudian pada tahun 1998 atas keinginan tokoh masyarakat serta didukung oleh seluruh lapisan masyarakat Dusun Karetan kemudian pisah dengan Desa Glagahagung. Pada periode 1998 – 1999 ditunjuklah Sudarminto sebagai Pejabat Sementara (Pjs.) Kepala Desa Persiapan Karetan. Di tahun yang sama wilayah ini dimekarkan menjadi 2 dusun Sidodadi dan Sidoagung. Lalu, pada tahun 1999, diadakan kembali penujukan Pejabat Kepala Desa Persiapan Karetan dan ditunjuklah Samsudi. Samsudi adalah Staf Kecamatan Purwoharjo yang merupakan penduduk Desa Sidorejo. Baru pada 14 Mei 2000, Karetan diresmikan menjadi desa definitif.

Pada 20 Juni 2001 terpilihlah Kedeni dilantik sebagai kepala desa. Kepemimpinan Kedeni hanya berjalan 2 tahun, karena pada 10 September 2003 Kedeni meningal dunia saat menjalankan tugas sebagai kepala desa. Pada tanggal 17 September 2003, ditujuklah kembali Sudarminto sebagai Pejabat Kepala Desa Karetan sampai tahun 2007. Saat itu Sudarminto menjabat sebagai Kepala Dusun Sidoagung. Pemerintah Desa Karetan kembali mengadakan pemilihan Kepala Desa. Ada dua calon kepala desa yang berlaga pada pemilihan kali ini yaitu Suroso Hadi Wardoyo dan Gimo Purwoko. Akhirnya pemilihan ini dimenangkan oleh Gimo Purwoko dan dilantik pada 28 September 2007 oleh Bupati Ratna Ani Lestari.

Batas[sunting | sunting sumber]

Desa Karetan memiliki batas-batas wialyah bagian Utara berbatasan dengan Desa Purwoharjo  Kecamatan Purwoharjo, bagian Timur berbatasan dengan Desa Glagahagung Kecamatan Purwoharjo, bagian Selatan berbatasan dengan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo  dan Sebelah Barat perbatasan Dengan Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]