Karawang Timur, Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karawang Timur
Peta Lokasi Kecamatan Karawang Timur
Peta lokasi Kecamatan Karawang Timur
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenKarawang
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total127,373 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.15.26
Kode BPS3215112
Luas29,77 km2
Desa/kelurahan4/4

Karawang Timur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota kecamatan ini berada di Kelurahan Adiarsa Timur.

Kecamatan ini termasuk kawasan Karawang Kota, yang terdiri dari Kecamatan Karawang Timur, Kecamatan Karawang Barat, dan Kecamatan Telukjambe Timur.

Kecamatan ini termasuk kecamatan dengan wilayah tersempit di Kabupaten Karawang. Kecamatan ini merupakan kecamatan penggabungan sebagian kelurahan dari Kecamatan Karawang (sekarang Kecamatan Karawang Barat) sebanyak 4 desa/kelurahan yakni desa/kelurahan Karawang Wetan, Adiarsa Timur, Palumbonsari, dan Plawad, dan sebagian dari kecamatan Klari sebanyak 3 desa/kelurahan yakni desa/kelurahan Margasari, kondangjaya, dan Warungbambu, dan sari kecamatan Majalaya sebanyak 1 desa yakni desa Tegalsawah.

Perumahan[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini juga sedang berkembang menjadi kawasan perumahan,seperti di kecamatan Karawang Barat, tapi tidak sepesat di kecamatan Telukjambe Timur dan kecamatan Klari.

Batas-batas[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini berbatasan dengan kecamatan Rawamerta di utara, kecamatan Karawang Barat di barat, kecamatan Telukjambe Timur dan kecamatan Klari di selatan, dan kecamatan Majalaya di timur.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan ini terdapat 5 SMP Negeri, yaitu SMPN 1 Karawang Timur, SMPN 2 Karawang Timur dan SMPN 3 Karawang Timur, SMPN 5 Karawang Timur, SMPN 6 Karawang Timur dan 3 SMA Negeri yaitu SMA Negeri 2 Karawang dan SMA Negeri 5 Karawang, SMA Negeri 4 Karawang dan juga 2 SMK Negeri yaitu SMKN 1 Karawang, SMKN 2 Karawang, SMKN 3 Karawang, SMK Sunan Gunung Jati dan SMKN Pertanian Karawang

Pusat Perbelanjaan & Pasar[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini terdapat beberapa pusar perbelanjaan, antara lain.

Mall Karawang

1.Mal Ramayana Karawang

2.Mal Mega M

3.Carrefour Karawang

4.Pasar Induk Johar

Pemekaran[sunting | sunting sumber]

Rencanaya kecamatan Karawang Timur akan masuk dalam kota Karawang yang akan dimekarkan dari Kabupaten Karawang, bersama 3 kecamatan lain yaitu kecamatan Karawang Barat, kecamatan Telukjambe Timur, dan kecamatan Telukjambe Barat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]