Karawang Barat, Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Karawang Barat
Kecamatan
Ckp3.png
Peta lokasi Kecamatan Karawang Barat
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Karawang
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 33,68 km2
Jumlah penduduk 161.226 jiwa
Kepadatan 4.787,00/km2
Desa/kelurahan 8

Karawang Barat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dulunya kecamatan Karawang Barat merupakan kecamatan Karawang (Raya) yang terdiri dari kecamatan Karawang Barat dan sebagian kecamatan Karawang Timur. Pusat pemerintahan dari Kabupaten Karawang terletak di kecamatan ini.

Desa/Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karawang barat terdiri dari 8 Kelurahan, yaitu:

  1. Tunggakjati
  2. Mekarjati
  3. Tanjungmekar
  4. Tanjungpura
  5. Karangpawitan
  6. Karawang Kulon
  7. Nagasari
  8. Adiarsa Barat

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karawang Barat ini merupakan kecamatan dengan penduduk kedua terbanyak di Kabupaten Karawang setelah Klari(SP Karawang 2011). Kelurahan Karangpawitan merupakan kelurahan dengan penduduk terbanyak di kecamatan Karawang Barat.

Perekonomian & Ketenagakerjaan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karawang Barat ini merupakan kecamatan yang temasuk dalam kawasan Karawang Kota, dan gerbang masuk Kabupaten Karawang (dari arah Kabupaten Bekasi).

Pekerjaan utama masyarakat di kecamatan ini kebanyakan adalah pegawai negeri sipil, pegawai swasta, dan sebagian kecil petani dan jasa, di kecamatan ini, tepatnya di kelurahan Nagasari terdapat Jalan Tuparev yang merupakan urat nadi perekonomian Karawang Kota, karena banyak terdapat ruko ruko yang menjual hampir semua kebutuhan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karawang Barat merupakan pusat pendidikan di Kabupaten Karawang, karena selain terdapat sekolah-sekolah unggulan juga terdapat banyak bimbingan belajar yang membuka cabang di kecamatan kecamatan ini Contohnya adalah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yaitu: SMKN 1 Karawang

Perumahan[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan Karawang Barat ini sering terjadi alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan warga, terutama di bagian selatan Jalan Lingkar Luar Karawang. Di kecamatan ini pertumbuhan perumahan cukup tinggi,tapi masih kalah dengan kecamatan Telukjambe Timur dan kecamatan Klari.

Batas-batas[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini berbatasan dengan kecamatan Rengasdengklok dan kecamatan Rawamerta di Utara, kecamatan Kedungwaringin (Kabupaten Bekasi) di Barat, kecamatan Karawang Timur di Timur,dan kecamatan Telukjambe Timur di Selatan

Galeri[sunting | sunting sumber]