Karangwuni, Sedong, Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karangwuni
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenCirebon
KecamatanSedong
Kode Kemendagri32.09.09.2001 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk5.335 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Desa karangwuni[sunting | sunting sumber]

  1. TetensutendiOut

merupakan desa yang terletak di wilayah kabupaten Cirebon. Desa ini berada dalam kecamatan sedong kabupaten Cirebon. Desa ini merupakan desa dengan mayoritas bertani dengan mata pencahariannya.[sunting | sunting sumber]

Mangga Gincu merupakan salah satu khas iconic dari sebuah desa karangwuni di kecamatan sedong. Mangga gincu ini bisa diolah menjadi bahan makanan seperti nugget dan lain-lain.

Desa karangwuni juga mempunyai spot wisata dan tempat untuk menarik pengunjung seperti setu sedong. Setu sedong itu merupakan bendungan buatan sebagai sumber air utama dari desa ini.

Banyak juga masyarakat dari desa ini yang merantau keluar kota untuk mencari pekerjaan yang mumpuni untuk melangsungkan kehidupannya. Baru-baru ini juga terdapat objek wisata baru yang cukup menarik para wisatawan yaitu kedai kopi gincu. Kedai ini memiliki wilayah yang cukup luas.

Namun, ada juga kekurangan dari desa ini yaitu desa ini masih  cukup minim dalam hal pendidikan, perlu banyak saluran, solusi untuk mengembangkan semangat dan niat belajar bagi anak-anak dan remaja untuk menggapai cita-citanya. Dan juga jaringan internet di desa ini tergolong sangat lemah.

Desa karangwuni terdiri dari 3 dusun yaitu dusun 1, dusun 2, dan dusun 3 serta mempunyai 6 Rukun Warga dan juga ada 32 Rukun Tetangga (RT) jumlah penduduk Desa karangwuni yaitu terdiri dari 1.786 kartu Keluarga.Dengan jumlah penduduk sebanyak 5.335 orang.

Analisis Situasi Desa Karangwuni[sunting | sunting sumber]

Karangwuni merupakan daerah yang berada di sebelah timur Cirebon. Cirebon ini dijuluki sebagai kota udang. Memiliki potensi-potensi di berbagai wilayah. Diantaranya pada bidang pariwisata, kuliner dan masih banyak lainnya. Termasuk di daerah KKN yang sedang kami jalani. Desa Karangwuni yang berada di kecamatan Sedong kabupaten Cirebon memiliki masyarakat mayoritas bersuku Sunda dengan mayoritas masyarakat beragama islam. Dengan tanah yang luas desa Karangwuni ini memiliki potensi dalam bidang seperti: pariwisata,pertanian, dan perkebunan.

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Desa Karangwuni adalah petani. Mereka bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dikarenakan lahan pertanian yang dimiliki oleh desa sangat luas akan tetapi kekurangan air atau kesulitan menemukan air dalam masa bercocok tanam adalah kurangnya masyarakat memilih tanaman yang bisa tahan lama dan bisa tumbuh tanpa memerlukan banyak air seperti umbi-umbian.

Dalam pembangunan fasilitas penyediaan air yang tidak mampu mengikuti laju pertambahan penduduk yang tinggi setiap tahunnya mengakibatkan tidak terpenuhinya akan pasokan air penduduk maka dari itu perlu adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi krisis ini akan tetapi pemerintah desa Karangwuni sudah berupaya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk menyelesaikan masalah krisis air. Dikarenakan tata letak geografis desa Karangwuni berada dataran tinggi yang menyebabkan susahnya menemukan sumber mata air dari tanah.

Potensi Desa Karangwuni[sunting | sunting sumber]

a.       Sumber Daya Alam

Potensi yang dimiliki masyarakat desa Karangwuni adalah jumlah kependudukan desa yang banyak dan berprofesi utama sebagai petani dikarenakan memiliki total lahan yang luas, kebanyakan dari mereka bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.Namun dikarenakan kondisi desa sering kesulitan menemukan air untuk proses bercocok tanam pada saat musim kemarau, masyarakat memilih tanaman yang bisa tahan lama dan bisa tumbuh tanpa memerlukan banyak air seperti umbi-umbian.

b.     Sumber Daya manusia

Potensi sumber daya desa karangwuni Adapun masyarakat yang berprofesi dibeberapa sektor Petani, salah satunya dibidang pertanian padi.di desa ini pertanian padi menghasilkan panen padi 3 kali dalam 1 tahun.Selain pertanian ada juga UMKM dalam bidang produksi makanan, yang dimiliki oleh beberapa warga yang ada di Desa karangwuni. Dengan produk, pastel,sumpia,dan pangsit. Setalah melihat potensi-potensi desa yang ada kami sebagai mahasiswa akan membuat program dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Dakam Menciptakan Lingkungan Bersih,Hijau dan Produktif”, kami mengagendakan kegiatan penanaman bibit sayuran untuk memanfaatkan lahan pekarangan warga yang berada didesa karangwuni untuk memenuhi ketersediaan bahan pangan untuk kebutahan sehari-hari dan kami berharap dengan adanya penanaman bibit bahan pangan ini masyarakat jadi tidak sulit untuk mencari bahan pangan. Dan kami juga akan mendaur ulang sampah untuk dijadikan pupuk tanaman agar limbah sampah tidak hanya di bakar yang akan menimbulkan polusi yang tidak baik. Dan membuat lingkungan menjadi ramah tamah, dan bersih.