Karangnangka, Binangun, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Karangnangka
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanBinangun
Kodepos53281
Luas-
Jumlah penduduk900 jiwa
Kepadatan-

Karangnangka adalah desa kecil di Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Merupakan desa dengan luas wilayah paling kecil di Kecamatan Binangun. Karangnangka terdiri dari 2 Rukun Warga (RW) dan 5 Rukun Tetangga (RT). Terbagi dalam 4 dusun kecil biasa disebut 'gerumbul' yang dipisahkan oleh hamparan sawah, yaitu dusun Karangnangka, Condong, Tegalan, dan Serang. Pusat pemerintahan desa terletak di dusun Condong, dimana Balai Desa Karangnangka berada.

Fasilitas desa[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah desa kecil, Karangnangka hanya memiliki 1 (satu) buah sekolah dasar yaitu SDN Karangnangka yang terletak di gerumbul Karangnangka. Desa ini juga memiliki 1 (satu) sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ripta Sejahtera yang terletak di sebelah selatan Kantor Balai Desa Karangnangka.

Batas-batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Keadaan masyarakat desa[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Desa Karangnangka bermata pencaharian sebagai petani dengan komoditas utama yaitu padi. Banyak juga penduduk Karangnangka yang bermigrasi ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Bahkan kaum mudanya banyak yang bekerja sebagai TKI di luar negeri. Seperti umumnya penduduk di Kabupaten Cilacap, bahasa sehari-hari warga Karangnangka adalah bahasa Jawa Banyumasan.