Karanggintung, Gandrungmangu, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Karanggintung
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanGandrungmangu
Kodepos53254
Luas1283.6 Ha
Jumlah penduduk9,016 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Karanggintung adalah sebuah desa di kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Dengan batas batas wilayah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara: Desa Rungkang

b. Sebelah Selatan: Desa Karanganyar

c. Sebelah Barat: Desa Karanggedang

d. Sebelah timur: Desa Cinangsi

 Sejarah Desa Karanggintung

Pada masa penjajahan Belanda, desa Karanggintung masih berupa Hutan, baru di tempati beberapa gelintir orang, konon ada sebuah pohon Gintung  yang menjulang tinggi (Sekarang Dusun Karanggintung), karena tingginya pohon tersebut sampai kelihatan dari wilayah Bantarsari. Sehingga untuk memudahkan orang menamai Desa tersebut terkenal dengan nama Desa KARANGGINTUNG,  dari Kata pohon GINTUNG yang Tumbuh di PEKARANGAN.

Seiring perkembangan Zaman, pertama kali Desa Karanggintung dipimpin oleh Kepala Desa bernama Bp. BAHRI sampai Indonesia Merdeka, kemudian periode ke II dipimpin oleh Bp. ATMAWIKARTA, atas tunjukan dari Masyarakat sampai tahun 1961, di tahun yang sama terjadi pemekaran desa Karanggintung di pekar menjadi 2, yaitu Desa RUNGKANG  yang di pimpin Bp. HADI SUWARTO dan Desa KARANGGINTUNG  kembali dipimpin oleh Bp. BAHRI  sebagai kepala Desa hasil pilihan Masyarakat, kemudian tahun 1966 terjadi peristiwa kerusuhan G 30 S PKI, sehingga orang-orang yang dianggap terlibat di amankan oleh tentara termasuk Bp. BAHRI, yang saat itu ikut diamankan oleh Tentara, sehingga ditunjuklah Bp. M. SOEMBANI menjadi Kepala Desa Karanggintung yang menjabat sampai dengan tahun 1999 (+ selama 32 tahun), yang kemudian digantikan Bp. ROSIKIN yang menjabat selama 8 tahun, selanjutnya digantikan oleh Bp. SEIN yang menjabat selama 6 Tahun, yang kemudian di gantikan oleh Bp. TURMONO yang menjabat dari tahun 2013 sampai sekarang.Sedangkan untuk Sekretaris Desanya adalah Bp. ARIS YULIANTO, S.Pd.SD