Karang Sari Indah, Pulau Laut Timur, Kotabaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karang Sari Indah adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Timur, kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

SEJARAH Karang Sari Indah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Desa Karang Sari Indah

Sebelum Desa Karang Sari Indah terbentuk merupakan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) SP II Langkang,yang penempatanya pada tahun 1986 dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 200 KK dengan jumlah jiwa 873 jiwa. Dengan 10 % dari transmigrasi local dan 90% dari transmigran umum dan swadaya.

         Dengan dasar Berita Acara serah terima Eks Unit Pemukiman transmigrasi/Desa  Transmigrasi secara Nasional dari Menteri Transmigrasi kepada Menteri dalam Negeri No : BA.28/M/II/1993 tanggal 15 Pebruari 1993,dan Berita Acara dari Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan No: 475.1/462/SJ pada tanggal 15 Pebruari 1993 Tentang Serah Terima Eks Unit Pemukiman transmigrasi/Desa Transmigrasi,maka pada hari jum’at tanggal 16 juli 1993 bertempat di Unit Pemukiman Transmigrasi PS.Berangas Kecamatan Pilau Laut Timur Kabupaten Kotabaru Propinsi Kalimantan Selatan dilakukan serah terima UPT II Langkang dari Kepala Kantor UPT Bapak Badarudin kepada Kepala Desa Langkang Baru Bapak Amat Sulur.

         Dari serah terima tersebut maka UPT II Langkang telah digabungkan ke Desa Langkang Baru ,dengan dibagi menjadi 2 (dua) kepala dusun yaitu Kepala Dusun 3 (tiga ) dan Kepala Dusun 4 ( empat ).

Kepala Dusun 3 (tiga ) dijabat oleh Bapak Umar Mukti.

Kepala Dusun 4 (empat) dijabat oleh bapak Romadhon.

         Pada bulan Maret 1997 Dusun 3 (tiga  dan Dusun 4 (empat) yang merupakan eks Pemukiman Transmigrasi berpisah dengan Desa Langkang Baru dan menjadi Desa Difinitif dengan Penjabat Sementara Bapak Romadhon,dengan nama Desa Karang Sari Indah.

         Adapun asal mula nama Karang Sari Indah merupakan hasil musyawarah dari tokoh-tokoh Desa waktu itu.

Calon nama – nama Desa yang diusulkan diantaranya :

  • Desa Purwosari
  • Desa Rowosari
  • Desa Karang Mulyo
  • Desa Karang Sari

Setelah dari calon nama-nama desa tersebut terkumpul dilakukanlah undian dan ternyata yang jatuh adalah nama Karang Sari.

Sedangkan nama Indah diambil dari nama UPT Rawa Indah,karena UPT Rawa Indah terjadi banjir,sehingga banyak warga UPT  Rawa Indah pindah ke UPT II Langkang. Jadi sampai sekarang UPT II Langkang menjadi Desa dengan nama Desa Karang Sari Indah.

Pada tahun 2002 akhir dilakukan pemilihan Kepala Desa yang Pertama kali. Dengan calon sebanyak 2 orang yaitu :

  • Bapak Suparno.
  • Bapak Dwi Cahyono.

Dan yang menjadi pemenang pada pemilihan tersebut adalah Bapak Dwi Cahyono.Sejak saat itulah Desa Karang Sari mempunyai Kepala Desa yang Difinitif.

Bapak Dwi Cahyono menjabat sebagai Kepala Desa sampai dengan tahun 2008.

Pada Pertengahan tahun 2008 dilakukan pemilihan Kepala Desa yang Kedua,dengan calon sebanyak 3 orang yaitu:

  • Bapak Agus Salim.
  • Bapak Bambang Lono Sulaksono.
  • Bapak Abdul Haris B.

Yang menjadi pemenang pada pemilihan tersebut adalah Bapak Abdul Haris B dan menjabat sampai  bulan januari 2015 .Sejak bulan Januari 2015 Desa Karang Sari Indah dipimpin Penjabat Kepala Desa  yaitu Bapak Saryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Desa Karang Sari Indah.

Pada tanggal 30 April  2016  bersama dengan Desa –desa yang ada di Kabupaten Kotabaru di dilaksanakan pemilihan Kepala Desa .Untuk Desa Karang Sari Indah diikuti oleh 3 ( tiga ) calon yaitu :

  • Bapak H.Hasan,S.Sy
  • Bapak Suparno
  • Bapak Abdul Haris B. Yang menjadi pemenang pada pemilihan tersebut adalah Bapak Abdul Haris B yang terpilih untuk kedua kalinya sebagai Kepala Desa Karang Sari Indah.Dan pada tanggal 01 Juni 2016 Kepala Desa terpilih dilantik oleh Bupati Kotabaru. Sejak saat itu Bapak Abdul Haris B telah resmi menjabat sebagai kepala Desa Karang Sari Indah untuk periode tahun 2017 -2022.

Demikianlan sejarah asal mula Desa Karang Sari Indah.