Daftar karakter Dragon Ball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Karakter Dragon Ball)
Lompat ke: navigasi, cari
Tokoh-tokoh Dragon Ball Z

Seri manga Dragon Ball menampilkan banyak karakter yang diciptakan Akira Toriyama. Seri ini terjadi di dunia fiksi, sama seperti seri sebelumnya dari Toriyama, Dr. Slump. Dragon Ball bercerita tentang petualangan Son Goku dari masa kanak-kanaknya sampai dewasa seperti saat ia berlatih bela diri dan menjelajahi dunia dengan tujuan mengumpulkan tujuh bola yang dikenal sebagai Dragon Ball yang digunakan untuk memanggil naga yang dapat mengabulkan setiap permohonan. Selama perjalanan itu pun ia menemukan teman seperti Bulma, Krillin dan Trunks, saingan seperti Tien Shinhan Piccolo dan Vegeta dan musuh seperti Frieza, Cell dan Majin Buu. Adaptasi film dan animenya menampilkan beberapa karakter yang tidak dibuat oleh Toriyama tetapi oleh staff animasi.

Walaupun kebanyakan karakternya adalah manusia dengan kekuatan super dan/atau kemampuan supranatural, pemainnya juga mencakup hewan yang menyerupai manusia dan juga makhluk asing. Seri ini juga mencakup gambaran tentang alam baka dengan beberapa karakternya adalah dewa-dewa yang menguasai dunia.

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Goku[sunting | sunting sumber]

Son Goku adalah tokoh fiksi dalam anime Dragon Ball. Ia adalah karakter utama di anime ini

Goku muncul pada komik pertama Dragon Ball. Ia adalah Super Saiya, namun sangat sulit baginya untuk berubah menjadi super saiyan. Pertarungannya yang paling menegangkan adalah:

  • Melawan Piccolo: Raja Piccolo datang dari planet bernama Namek. Ia bertujuan untuk menguasai Bumi. Goku datang melawannya. Awalnya Goku Kalah, ia bekerja keras agar dapat melan Piccolo dengan mudah. Akhirnya Piccolo diserangnya hingga Perut Piccolo lubang.
  • Melawan Raditz: Orang Suku Saiyan dari planet Vegeta menyerang Bumi. Tujuannya adalah untuk mencari Kakarot (Goku) untuk mencari ketujuh Dragon Ball untuk memohon kepada Shenron kehidupan abadi. Sesampai di Bumi Raditz bertemu Piccolo Lalu menyerangnya. Lalu anak Goku diculiknya. Akhirnya ia mati dikalahkan Goku, Piccolo, dan Gohan
  • Melawan Kid Buu
  • Melawan Frieza

Gohan[sunting | sunting sumber]

Son Gohan adalah anak pertama Goku dan Chi-chi yang pertama kali muncul saat berumur empat tahun. Dia kemudian diculik oleh kakak Goku, Raditz dan dikunci di kapsul luar angkasa. Akan tetapi, kemarahannya meledak dan dia menghancurkan kapsul luar angkasanya dan menyerang Raditz yang juga membuatnya pingsan. Setelah pertarungan, Piccolo mengambil dan melatihnya selama setahun saat ia menyadari potensi Gohan. Gohan perlahan berubah menjadi salah satu karakter terkuat di seri ini. Selama Majin Buu saga ia membentuk hubungan dengan Videl dan pada akhir serinya dia memiliki anak perempuan bernama Pan.

Gohan adalah karakter yang sangat kuat di Dragon Ball. Sama seperti ayahnya Goku ia juga Super Saiyan. Pertarungan yang paling menegangkan:

Untuk menyelamatkan kota Hercule (Mr. Satan) Gohan menyamar menjadi Great Saiyaman dan menghajar penjahat penjahat yang ada di Hercule City

Goten[sunting | sunting sumber]

Son Goten adalah anak Goku yang kedua ia juga Super Saiya.

Aksi menegangkan Goten adalah:

Dalam menelamatkan kakaknya Gohan Goten melakukan Fusion (pergabungan tubuh) bersama Trunks. Lalu perubahan itu dinamakan Super Gotenks. Lalu setelah berhadap-hadapan dengan Super Buu. Dngan kekuatan Absorb Super Buu Super Gotenks terisap juga olehnya.

Vegeta[sunting | sunting sumber]

Vegeta atau yang biasa disebut Bejita adalah pangeran Saiyan. Disebut pangeran karena ayahnya adalah seorang raja di planet Vegeta. Ia adalah musuh terberat Goku. Sama seperti Goku ia juga Super Saiyan. Awalnya ia adalah tokoh antagonis (pada saat Saiyan saga) tetapi ia akhirnya bergabung dengan Goku dan kaawan-kawannya.

Vegeta adalah seorang pangeran dari ras Saiya. Pertama kali ditunjukkan sedang menguasai sebuah planet dengan partnernya Nappa setelah mendengar pertarungan Raditz di bumi menggunakan scouter mereka. Mereka berdua pergi ke bumi untuk mencari Dragon Ball. Dia akhirnya melawan Goku yang baru dibangkitkan tetapi kabur setelah serangan hebat dari Yajirobe, Krillin dan Gohan. Dia lari untuk memulihkan dirinya sebelum pergi ke planet Namek untuk mendapatkan Dragon Ball mereka sebelum Frieza. Di Namek, pada akhirnya Vegeta menjadi satu tim dengan Krillin dan Gohan dan setelah Frieza dikalahkan ia tinggal di bumi dan menikah dengan Bulma lalu punya anak bernama Trunks. Di sisa seri ini, Vegeta bertarung bersama Goku dan teman-temannya untuk mengalahkan musuh-musuh mereka tetapi tetap menjadi saingan bagi Goku. Di akhir seri, dia dan Bulma punya anak perempuan bernama Bra yang tidak seperti Trunks dan walau ia adalah setengah Saiya ia bukanlah petarung.

Bulma[sunting | sunting sumber]

Pertama kali muncul sebagai gadis remaja yang menggunakan Dragon Radar (alat fiksi yang ia buat untuk mendeteksi sinyal energi yang dikeluarkan oleh Dragon Ball). Dia akhirnya bertemu Goku lalu merekrutnya sebagai bodyguard sambil berharap mendapatkan bola bintang empat miliknya untuk mengabulkan keinginannya memiliki pacar. Dia tidak menginginkannya lagi setelah bertemu Yamcha dan sekian lama kemudian dia akhirnya malah menikahi Vegeta dan memiliki satu anak laki-laki dan satu anak perempuan. Bulma juga merupakan seorang penemu yang menemukan banyak mesin hebat seperti mesin waktu yang membawa anaknya Trunks ke masa lalu.

Di era masa depannya, Bulma dibunuh oleh Goku yang berpakaian warna hitam.

Krillin[sunting | sunting sumber]

Krillin adalah ahli bela diri botak dan salah satu teman baik Goku. Dia adalah teman seperguruan Goku di bawah bimbingan Kame-sennin. Pada awalnya adalah saingan tetapi kemudian berteman dan rekan yang setia di petualangan setelahnya. Dia terbunuh oleh prajurit Raja Iblis Piccolo, Tambourine, tetapi kemudian dihidupkan oleh Shenlong. Setelah melawan para Saiya ia pergi ke planet Namek. Di sana setelah beberapa pertarungan ia terbunuh oleh Frieza. Setelah sekali lagi dihidupkan oleh Dragon Ball bangsa Namek, dia tampil selama Android dan Cell (Dragon Ball) Saga. Dia kemudian menikahi Android 18 dan punya seorang anak bernama Marron.

Kame-sennin[sunting | sunting sumber]

Kame-sennin, juga dikenal sebagai Muten Roshi atau Master Roshi di versi bahasa inggrisnya, adalah guru bela diri yang mesum yang hidup di sebuah pulau kecil dan penemu teknik Kamehameha. Walaupun tampak lemah, sebenarnya ia sangat kuat. Gyumao, Goku, Krillin dan beberapa orang lain. Dia kadang ditemani oleh sahabat kura-kura lautnya yang bisa berbicara yang disebut Umigame. Dia dilatih oleh Mutaito yang telah menyegel Raja Iblis Piccolo. Dia botak, berjanggut dan memakai kacamata hitam, pakaian pantai atau kadang baju bela diri. Dia biasanya memegang sebuah tongkat dan pada awal kemunculanya mengenakan batok kura-kura di punggungnya.

Desain Kame-Sennin terinspirasi oleh karakter Kami-sama di manga Toriyama sebelumnya yaitu Dr. Slump dan karenanya ia disuarakan oleh Kohei Miyauchi yang juga menyuarakan Kami-sama di anime pertama Dr. Slump.

Chi-chi[sunting | sunting sumber]

Chi-chi adalah istri Goku dan ibu Gohan dan Goten. Dia sangat protektif pada keluarganya. Dia selalu melarang Gohan dan Goten bertarung agar tak jadi anak berandalan dan berharap anaknya akan jadi seorang professor. Sebagai anak perempuan Gyumao (atau Ox-King dalam versi Inggris) yang berlatih di bawah bimbingan Kame-sennin, dia adalah wanita yang sangat kuat. Dia dan Goku pertama kali bertemu saat masih anak-anak ketika Gyumao meminta Goku untuk membawanya ke rumah Kame-sennin. Dalam kesalahpahaman Goku berjanji untuk menikahinya. Sekian tahun kemudian dia menemui Goku untuk memintanya memenuhi janjinya di perempat final Tenkaichi Budokai ke-23 walaupun sudah salah paham.

Trunks[sunting | sunting sumber]

Kemunculan pertama Trunks adalah sebagai pria tak dikenal yang dengan mudahnya mengalahkan Frieza dan ayahnya sebelum Goku tiba di bumi setelah pertarungan di Namek. Kemudian terungkaplah kalau ia adalah anak masa depan Vegeta dan Bulma yang berjalan ke bumi untuk memberi tahu Goku akan kedatangan para Android yang di masanya telah membunuh semua orang kecuali Goku yang mati karena serangan jantung di waktu yang sama. Dia ikut melawan para Android dan kemudian Cell (Dragon Ball) sebelum akhirnya benar-benar kembali ke masanya.

Di serial Dragon Ball Super, Trunks memiliki kekasih bernama Mai yang merupakan mantan anggota dari geng Pilaf pada era masa depannya.

Tepat saat para Android muncul, Trunks dari garis waktu utama sudah lahir. Tujuh tahun kemudian Trunks sudah mampu berubah jadi Super Saiya. Ia melawan Majin Buu dengan menggunakan teknik fusion bersama Goten dan berubah jadi Gotenks.

Raja Kerbau (Ox-King)[sunting | sunting sumber]

Merupakan ayah kandung dari Chi Chi, mertua dari Goku, kakek dari Gohan dan Goten sekaligus buyut dari Pan.

Launch[sunting | sunting sumber]

Launch adalah wanita yang bekerja sebagai pelayan rumah dan tinggal satu rumah dengan Master Roshi. Kemunculan pertamanya adalah sebagai wanita dengan rambut biru tua dan sikapnya yang lemah lembut. Namun saat ia bersin, rambutnya akan berubah menjadi warna kuning dan sikapnya berubah menjadi lebih kasar. Hal ini juga dibuktikan dimana Launch alergi dengan bunga mawar.

Uub[sunting | sunting sumber]

Uub merupakan reinkarnasi dari Majin Buu setelah dikalahkan oleh Goku. Kemunculan pertamanya adalah sebagai anak laki laki dengan warna kulit gelap. Uub ditantang oleh Goku untuk menguji kemampuannya, namun pertandingan diantara mereka tidak selesai karena Goku harus mengajak Uub ke dunia lain untuk menguji kemampuan dan lebih mengenal lebih dalam aliran energi yang dimilikinya.

Uub juga muncul di serial Dragon Ball GT dimana dia juga memilki penggabungan dengan Majin Buu hingga menjadi Majuub.

Oolong[sunting | sunting sumber]

Oolong adalah babi antopmorpis yang memiliki kemampuan berubah bentuk yang menggunakan kemampuannya ini untuk memenuhi keinginan serakahnya. Ia hanya bisa menggunakan kemampuannya ini selama lima menit dan harus menunggu satu menit sebelum bisa menggunakannya lagi. Oolong bergabung dengan Goku dan Bulma mencari Dragon Ball lalu berencana mencurinya kalau sudah terkumpul tetapi rencana ini tak pernah ia lakukan. Akan tetapi ia adalah orang pertama yang ditunjukkan meminta permohonan pada Shenlong, ia meminta celana dalam wanita saat itu. Dia disuarakan oleh Tatsuta Naoki untuk versi Jepang dan Alec Willows dan Richard Newman untuk dub Ocean.

Yamcha[sunting | sunting sumber]

Yamcha diperkenalkan sebagai bandit padang pasir bersama dengan sahabat setianya Puar yang sedang mencoba mencuri Dragon Ball Goku dan Bulma dan berharap tidak merasa takut saat berada dekat wanita. Dia pada akhirnya jadi teman Goku dan pacar Bulma dan kemudian menjadi murid Kame-sennin. Serangan andalannya adalah Rogafufuken yaitu tinju telapak tangan terus-menerus dan berakhir dengan serangan dua telapak tangan secara bersamaan. Sebagai hasil dari latihan di bawah bimbinan Kame-sennin, Yamcha mampu melakukan Kamehameha dan mengembangkan Sokidan yaitu sebuah lingkaran energi yang bisa diarahkan sesukanya. Dia juga lalu dilatih Kami untuk menghadapi para Saiya, tetapi mati melawan salah satu Saibamen mereka.

Puar[sunting | sunting sumber]

Puar adalah makhluk berbulu biru yang mampu berbicara dan teman setia Yamcha. Kemampuan utamanya sama seperti Oolong yaitu berubah bentuk. Ketika Goku berubah menjadi kera raksasa untuk pertama kalinya, Puar berubah menjadi gunting dan memotong ekornya untuk mengembalikannya ke bentuk semula. Saat ditanya tentang jenis kelamin, Toriyama mengungkap kalau melihatnya sebagai laki-laki.

Tien Shinhan[sunting | sunting sumber]

Tien Shinhan pertama kali sebagai murid dari rival Kame-sennin yaitu Tsuru-sennin yang mencoba membunuh Goku. Dia adalah teman baik Chiaotzu. Ia mengalami kesulitan saat melawan anak buah Raja Iblis Piccolo sampai akhirnya Goku tiba dan menolongnya. Dalam pertarungan dengan para Saiya, Tien Shinhan mati karena kelelahan melawan Nappa. Dia berlatih di alam baka di bawah bimbingan Tuan Kaio sebelum dibangkitkan lagi oleh Dragon Ball bangsa Namek. Tien Shinhan melanjutkan latihannya dan ikut serta melawan para Android dan Cell (Dragon Ball).

Chiaotzu[sunting | sunting sumber]

Chiaotzu adalah pria kecil yang berkulit putih, berpipi merah dan memilik satu rambut di bawah topinya. Walau ia tak kuat secara fisik, Chiaotzu punya kemampuan psikokinesis dan telepati. Pertama kali diperkenalkan di Tenkaichi Budokai ke-22 setelah dilatih oleh saingannya Kame-sennin, Tsuru-sennin. Ia adalah teman baik Tien Shinhan.

Piccolo[sunting | sunting sumber]

Piccolo adalah reinkarnasi dari Raja Iblis Piccolo yang diciptakan untuk membalas dendam pada Goku. Akan tetapi, setelah dikalahkan oleh Goku, dia bergabung dengannya dan juga teman-temannya ketika melawan serbuan para Saiya. Ia juga melatih anaknya Goku, yaitu Son Gohan. Kemudian terungkaplah kenyataan yang sebenarnya kalau ia adalah seorang Namek, bangsa berkulit hijau, berjari empat, dan tanpa yang pertama kali menciptakan Bola Naga. Dia mati karena mengorbankan dirinya untuk melindungi Gohan selama perang melawan Nappa dan berlatih di alam baka di bawah bimbingan Tuan Kaio sebelum dihidupkan oleh Dragon Ball bangsa Namek. Selama pertarungan melawan Frieza dan para Android dia agak enggan untuk berteman dengan lainnya sampai waktunya tiba saat Cell (Dragon Ball) dan Majin Buu saga dia menerima kenyataan kalau mereka bersekutu.

Di era Dragon Ball GT, Piccolo memutuskan untuk mengorbankan dirinya saat menyelamatkan nyawa para penduduk bumi setelah menyalurkan energinya pada Goku karena anak kecil dan seekor anjing yang tertinggal.

Tokoh Pendukung[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball[sunting | sunting sumber]

  • Arale (dari serial Dr. Slump)
  • Yajirobe
  • Baba si Peramal

Dragon Ball Z[sunting | sunting sumber]

  • Kai-O/North Kai (atau King Kai dalam versi Inggris)
  • South Kai
  • West Kai
  • East Kai
  • Grand Kai
  • Gregory (jangkrik)
  • Bubbles (gorila)
  • Dende
  • Nail (saudara Dende)
  • Dr. Briefs dan Mrs. Briefs (orang tua dari Bulma)
  • Maron (mantan pacar Krillin)
  • Mr. Popo
  • Kami
  • Korin (kucing)
  • Sharpener dan Eraser (kakak beradik yang merupakan teman sekelas Gohan)
  • Bee (anjing peliharaan milik Hercule/Mr. Satan dan Buu)
  • Turtle (kura-kura peliharaan Kame-sennin)
  • Pikkon (pesaing Goku di Turnamen Alam Lain)
  • Supreme Kai
  • Elder Kai (atau Kaio-shin)
  • Kibito
  • Kibito Kai (penggabungan antara Kibito dan Supreme Kai dengan Potara)
  • King Yemma

Film[sunting | sunting sumber]

  • Bardock (ayah kandung dari Goku)
  • Borgos (atau Totepo dalam versi Jepang, rekan kerja dari Bardock, dibunuh oleh pasukan dari Frieza)
  • Tora (atau Toma dalam versi Jepang, rekan kerja dari Bardock, dibunuh oleh pasukan dari Frieza)
  • Fasha (atau Selypa dalam versi Jepang, rekan kerja dari Bardock yang satu-satunya dari ras Saiya adalah seorang wanita, dibunuh oleh pasukan dari Frieza)
  • Shugesh (atau Panbukin dalam versi Jepang, rekan kerja dari Bardock, dibunuh oleh pasukan dari Frieza)
  • King Vegeta (ayah kandung dari Vegeta dan Tarble, dibunuh oleh Frieza sebelum kehancuran planet Vegeta)
  • Tapion (teman baik dari Trunks dalam film Dragon Ball Z ke-13)
  • Tarble (adik kandung dari Vegeta)
  • Gure (istri dari Tarble)

Dragon Ball Super[sunting | sunting sumber]

  • Beerus (dewa penghancur berupa kucing dari alam semesta ke 7 yang merupakan pesaing terkuat dan kini merupakan kawan dari Goku)
  • Whis (pengajar dari Beerus, Goku dan Vegeta yang memiliki kemampuan bela diri yang belum dapat dikalahkan)
  • Jaco (teman baik dari Bulma sekaligus tokoh utama dari komik Jaco the Galactic Patrolman)
  • Tights (kakak kandung Bulma yang tampilannya berbanding terbalik dengan adiknya, dimana busana yang dipakai Bulma lebih terbuka, Tights menggunakan busana yang lebih tertutup)
  • Champa (saudara kembar dari Beerus, dewa penghancur dari alam semesta ke 6)
  • Vados (pengajar dari Champa sekaligus kakak kandung dari Whis)

Dragon Ball GT[sunting | sunting sumber]

  • Giru (robot milik Pan)
  • Valese (pacar dari Goten)
  • Bulma Leigh (muncul di 100 tahun setelah Shadow Dragon Saga)
  • Goku Jr. (cucu dari Pan)
  • Vegeta Jr. (anak dari Bulma Leigh)

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball[sunting | sunting sumber]

  • Kaisar Pilaf
  • Shou (anjing berpakaian seperti ninja)
  • Mai (satu satunya anggota wanita dari geng Pilaf. Di era Dragon Ball Super atau Battle of Gods, Mai diduga oleh Trunks sebagai kekasihnya walaupun usianya 41 tahun dengan wujudnya seperti anak kecil)
  • Tao Pai Pai (atau Mercenary Tao dalam versi Inggris)
  • Tentara Pita Merah
  • Tsuru-sennin (atau Master Shen dalam versi Inggris, pengajar dari Tien Shinhan dan Chiaotzu)

Dragon Ball Z[sunting | sunting sumber]

  • Raditz (kakak kandung dari Goku)
  • Nappa (kaki tangan dari Vegeta)
  • Frieza (atau Mecha Frieza, yang dibangkitkan oleh ayahnya yaitu King Cold setelah dikalahkan oleh Goku lalu kembali dibunuh oleh Trunks dari masa depan)
  • Dodoria (kaki tangan Frieza, dibunuh oleh Vegeta)
  • Zarbon (kaki tangan Frieza, dibunuh oleh Vegeta, memiliki wujud akhir sebelum kematiannya)
  • Kapten Ginyu (ketua dari pasukan khusus Ginyu, dapat menukar jiwa pada lawan)
  • Recoome (anggota dari pasukan khusus Ginyu, dibunuh oleh Vegeta, memiliki jurus Eraser Cannon)
  • Burter (anggota dari pasukan khusus Ginyu, dibunuh oleh Vegeta, memiliki jurus Blue Hurricane)
  • Jeice (wakil ketua dari pasukan khusus Ginyu, dibunuh oleh Vegeta, memiliki jurus Red Magma)
  • Guldo (anggota dari pasukan khusus Ginyu, dibunuh oleh Vegeta dengan cara dipenggal, memiliki jurus menghentikan waktu)
  • King Cold (ayah kandung Frieza dan Cooler, dibunuh oleh Trunks dari masa depan)
  • Android #16 (salah satu android netral karena dari sikapnya yang pendiam. Di era Cell Games, Android #16 dibunuh oleh Cell yang menyebabkan kemarahan Gohan meningkat sehingga menjadi Super Saiya tingkat ke 2)
  • Android #17
  • Android #18 (istri dari Krillin setelah era Cell Games)
  • Android #19
  • Android #20 atau Dr. Gero
  • Cell
  • Cell Jr. (kloning dari Cell yang dapat dihitung dalam jumlah banyak)
  • Bibidi (ayah kandung dari Babidi)
  • Babidi
  • Buu

Dragon Ball GT[sunting | sunting sumber]

  • Shenron Bintang Hitam/Black Star Shenron (wujud naga yang sama dengan Shenron namun memiliki perilaku yang jahat yang menyebabkan wujud Goku kembali menjadi anak kecil, namun usianya sudah tua)
  • Baby
  • Super Android #17 (penggabungan antara dua sisi Android #17 dari bumi dan neraka)
  • Shadow Dragon
  • Nuova Shenron
  • Eis Shenron
  • Naturon Shenron
  • Oceanus Shenron
  • Rage Shenron
  • Haze Shenron
  • Syn Shenron
  • Omega Shenron (penggabungan antara keseluruhan ketujuh Shenron)

Film[sunting | sunting sumber]

  • Garlic Jr.
  • Turles
  • Slug
  • Cooler (kakak kandung dari Frieza)
  • Meta Cooler
  • Android #13
  • Android #14
  • Android #15
  • Broly
  • Paragus (ayah kandung dari Broly yang kemudian dibunuh oleh anaknya sendiri)
  • Bojack
  • Bido
  • Kogu
  • Bujin
  • Zangya
  • Janemba
  • Hirudegarn
  • Hatchiyack (musuh ciptaan dari Dr. Lychee)
  • Abo (biru) dan Kado (merah) (pasukan kakak beradik dari Frieza yang masih tersisa dan berencana untuk mengalahkan Tarble)
  • Aka (penggabungan antara Abo dan Kado)
  • Tagoma
  • Shorbet

Dragon Ball Super[sunting | sunting sumber]

  • Black Goku (merupakan wujud jahat dari Goku yang diduga telah meninggal karena sakit jantung. Kemunculan pertamanya adalah menggunakan pakaian yang sama dengan Goku namun berwarna hitam)
  • Zamasu