Kapten grup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapten grup
Bendera komando Kapten grup RAF
Lambang pangkat pada lengan dan bahu Kapten grup Angkatan Udara Britania Raya
Cabang angkatanAngkatan Udara
SingkatanGp Capt / GPCAPT
Pangkat NATOOF-5
Pangkat non-NATOO-6
Pembentukan1 April 1918 (RAF)
Pangkat atasanKomodor udara
Pangkat bawahanKomandan sayap
Pangkat setaraKolonel Angkatan Darat Britania Raya
Marinir Britania Raya
Kapten Angkatan Laut Britania Raya

Kapten grup adalah pangkat perwira senior di banyak angkatan udara. Kode NATO untuk pangkat ini adalah OF-5, yang berarti setingkat di atas Komandan sayap, tepat di bawah Komodor udara dan setara dengan Kapten serta pangkat Kolonel pada dinas angkatan lain.

Pangkat ini berasal dari Angkatan Udara Britania Raya (RAF),[1] Kapten grup juga digunakan oleh angkatan udara di banyak negara Persemakmuran dan negara lain yang telah terpengaruh oleh budaya militer Britania Raya. Kadang-kadang digunakan sebagai terjemahan bahasa Inggris dari peringkat yang setara di negara-negara yang memiliki struktur peringkat khusus angkatan udara non-Britania Raya.

Biasanya disingkat Gp Capt dan digunakan di beberapa angkatan udara seperti RAF, IAF dan PAF. Sedangkan singkatan GPCAPT digunakan oleh RAAF dan RNZAF. Terkadang, terutama dalam konteks historis, disingkat menjadi G/C. Pangkat Kapten grup keliru jika hanya disingkat dengan "Kapten" saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ranks and Badges of the Royal Air Force". Royal Air Force. 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-06. Diakses tanggal 2007-12-01.