Kapel kastel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kapel kastil)
Kapel Istana Kekaisaran, Gelnhausen.

Kapel kastil (Jerman: Burgkapellen) dalam arsitektur Eropa adalah kapel yang dibangun di dalam sebuah kastel. Kapel ini memenuhi kebutuhan spiritual pemilik kastil dan pekerja-pekerjanya, dan kadang juga dipakai sebagai tempat penguburan. Namun, pembangunan gereja memakan biaya yang amat besar, sehingga tidak semua rumah bangsawan memiliki kapel. Seringkali ruangan dengan altar dianggap cukup.

Kastil kapel biasanya dibangun untuk santo tertentu, terutama mereka yang dikaitkan dengan keksatriaan, seperti Santo George atau Santo Gereon. Pada tahun 1437, kapel Santo Markus di kastil Braubach, Jerman, menjadi asal nama kastil Marksburg.

Seringkali kastil kapel terletak di dekat pintu masuk atau di lantai atas menara gerbang (seperti di Kastil Wildenberg, Odenwald). Tujuannya adalah untuk meminta pertolongan Tuhan di bagian kastel yang paling rentan diserang.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Denton, Jeffrey Howard (1970), "Castle-chapels", English Royal Free Chapels, 1100–1300: A Constitutional Study, Manchester University Press, hlm. 119–131, ISBN 9780719004056 
  • Barbara Schock-Werner (ed.): Burg- und Schloßkapellen. Kolloquium des Wissenschaftlichen Beirats der Deutschen Burgenvereinigung. Stuttgart, 1995.
  • Ulrich Stevens: Burgkapellen. Andacht, Repräsentation und Wehrhaftigkeit im Mittelalter. Darmstadt, 2003.
  • Gerhard Streich: Burg und Kirche während des deutschen Mittelalters. Untersuchungen zur Sakraltopographie von Pfalzen, Burgen und Herrensitzen. Sigmaringen, 1984.
  • Alexander Thon, Tina Rudersdorf: Burgkapelle, Kapellenerker und Tragaltar. Überlegungen zu einer Typologie des Sakralbereichs mittelalterlicher Burgen im Rheinland. In: Jahrbuch für westdeutsche Landesgeschichte. No. 25, 1999, ISSN 0170-2025, pp. 141−181.