Kapal patroli kelas Hayabusa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

{{Kapal patroli kelas Hayabusa adalah kelas kapal patroli peluru kendali dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang. Enam kapal dibangun antara tahun 2002 dan 2004. Kapal ini panjangnya 50,1 m.

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang awalnya membangun tiga kapal rudal hidrofoil kelas PG 1-go antara 1993 dan 1995.

Kelas Hayabusa dirancang untuk memperbaiki masalah ini. Setelah insiden di Semenanjung Noto yang melibatkan kapal mata-mata Korea Utara, dua kapal kelas tersebut dimasukkan dalam rencana tahun fiskal 1999. Mereka diberi nama untuk kapal Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, kapal torpedo Hayabusa dan kapal penyapu ranjau Wakataka.[1][2][3]

Perpindahan kapal diperbesar menjadi empat kali lipat dari kelas PG 1-go untuk meningkatkan kelaikan laut Kecepatan maksimum ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan mencegat kapal; namun, peningkatan kecepatan terbukti sulit untuk diterapkan.

Desain lambung ganda dan lambung tunggal dipertimbangkan; desain lambung tunggal dipilih karena alasan kekuatan lambung dan kelayakan laut. Lambungnya panjang dan sempit dengan bagian bawah berbentuk V, memungkinkan kecepatan lambung tinggi dan stabilitas kecepatan tinggi yang ditingkatkan.

Karakteristik siluman dimasukkan. Kemiringan bangunan atas, yang dirancang untuk meminimalkan pantulan radar langsung, dipilih menggunakan simulasi komputer dari penampang radar. Tiang tripod dan senapan Stealthshield 76mm juga memiliki fitur siluman.

Tiga mesin turbin gas LM500-G07, dibangun di bawah lisensi dari General Electric oleh Ishikawajima-Harima, menyediakan penggerak utama.

Persenjataan utama adalah sepasang peluncur kembar rudal kapal-ke-kapal SSM-1B yang dipasang di buritan dan meriam Otobreda 76 mm di dek depan. Selain itu, dua senapan mesin M2 12,7 mm dipasang di bagian belakang anjungan.

Sistem senjata untuk Kelas Hayabusa dikendalikan oleh Sistem Pemrosesan Data Taktis OYQ-8B. Ini menggunakan komputer AN/UYK-44 yang lebih kecil tetapi jauh lebih unggul dari UYK-20 generasi sebelumnya. Juga mampu mendukung tautan data Link 11, yang tidak dapat dilakukan oleh sistem OYQ-5 dan UYK-20 sebelumnya. Alhasil, kini mampu memberikan data pendukung ke kapal dan pesawat lain. Ini meningkatkan kemampuan ofensif dan defensif karena mereka sekarang dapat memasukkan data ke dalam Sistem Operasi Pasukan Maritim yang lebih besar dari Pasukan Bela Diri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saunders, Stephen (2002). Jane's Fighting Ships 2002–2003. Coulsdon, UK: Jane's Information Group. ISBN 0710624328. 
  2. ^ https://www.naval-technology.com/projects/hayabusa-class/ Hayabusa Class Guided-Missile Patrol Boat
  3. ^ https://forum.warthunder.com/index.php?/topic/435291-jmsdf-hayabusa-class-patrol-guided-missile-boat-guardian-of-the-coast/ JMSDF Hayabusa class Patrol Guided-missile boat: Guardian of the Coast