Kapò

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapò
Poster film Italia
SutradaraGillo Pontecorvo
ProduserFranco Cristaldi
Moris Ergas
Ditulis olehGillo Pontecorvo
Franco Solinas
PemeranSusan Strasberg
Didi Perego
Laurent Terzieff
Penata musikCarlo Rustichelli
SinematograferAleksandar Sekulovic
DistributorCineriz
Tanggal rilis
29 September 1960 (Italia)[1]
1 Juni 1964 AS
Durasi116 menit (AS)
118 menit (Spanyol)
NegaraItalia
Prancis
Yugoslavia[2]
BahasaItalia

Kapò (pengucapan bahasa Italia: [kaˈpɔ]) adalah sebuah film Italia 1960 tentang Holocaust yang disutradarai oleh Gillo Pontecorvo. Film tersebut dinominasikan untuk Academy Award sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik.[3] Film tersebut adalah sebuah kerjasama produksi Italia-Prancis yang difilmkan di Yugoslavia.

Alur[sunting | sunting sumber]

Edith (Susan Strasberg) yang berusia empat belas tahun dan orang tua Yahudinya dikirim ke sebuah kamp konsentrasi, dimana kemudian orangtuanya dibunuh. Sofia (Didi Perego), seorang tahanan politik berusia tua dan dokter ginjal di kamp tersebut menyelamatkannya dari musibah yang sama dengan memberikannya identitas non-Yahudi yang berasal dari Nichole Niepas yang baru meninggal.

Pada waktu ia pergi, ia mengalami kehidupan yang brutal. Mula-mula, ia menjual tubuhnya kepada seorang penjaga Jerman saat kepulangannya untuk mendapatkan makanan. Ia kemudian ditemukan oleh penjaga lainnya, Karl (Gianni Garko). Fraternisasi membantunya menjadi seorang kapo

Ia jatuh cinta dengan Sascha (Laurent Terzieff), seorang tahanan perang Rusia. Menjelang ia meninggal, ia berbicara kepada seorang pendoa tradisional Shema Yisrael, untuk menyatakan kembali identitas sebenarnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Erickson, Hal. "Kapò". Allmovie. 
  2. ^ "Kapo". British Film Institute. London. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-07. Diakses tanggal 4 Desember 2012. 
  3. ^ "The 33rd Academy Awards (1961) Nominees and Winners". oscars.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 2011-10-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]