Kanvas (kain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Splined Canvas.jpg

Kanvas adalah kain yang berlapis cat campur lem, merupakan kain kanvas terbuat dari yang kain tipis sampai kain tebal dan kuat. Bahan ini dipergunakan untuk membuat layar dan terutama dasar lukisan.

Seorang seniman sebelum melukis membentang kain kanvas di atas kayu bentang (spanram). Biasanya kanvas ini dibuat dengan menggunakan campuran bahan-bahan seperti cat tembok, lem, dan cat lapisan tipis berbahan dasar minyak untuk lapisan terakhir, kanvas ini khusus untuk cat minyak. untuk cat acrylic atau cat berbahan dasar air tidak perlu dilapisi cat minyak.

Untuk membuat kanvas sendiri ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan, yaitu rangka kanvas atau spanram terbuat dari kayu, kain blacu atau kain katon, lem kayu (gom arabic, ancur) bisa juga lem putih yang biasa dipakai plamir tembok, cat tembok (pilih yang kadar acryliknya tinggi), zink white (Zn), dan cat kayu warna putih beserta pelarutnnya (cat pengencer minyak).

Untuk mode[sunting | sunting sumber]

Bahan kanvas bukan berarti tidak dapat diaplikasikan dalam dunia fashion. Justru karena karakter bahan yang kaku dan kuat inilah yang menjadikan kanvas menjadi salah satu bahan utama yang banyak digemari di dunia fashion.

Biasanya bahan ini banyak digunakan untuk produk - produk yang membutuhkan ketahanan lebih dari produk lainnya, seperti tote bag, tas punggung, tas tangan, dan tas selempang. Itu karena kain ini lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu bahan kanvas juga memberikan kesan "jaman dulu".

Referensi[sunting | sunting sumber]